Diskominfo KutimKutai TimurPariwara

 Bupati Tutup Bazar UMKM Pantai Sekerat

Upnews.id, Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menutup secara resmi kegiatan bazar UMKM yang diselenggarakan di Desa Sekrat Kecamatan Bengalon.

Pada kesempatan itu, bupati mengakui jika belum sepenuhnya perekonomian berjalan dengan optimal. Namun Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman tetap optimis program peningkatan perekonomian masyarakat melalui kegiatan Bazar UMKM yang saat ini terus gencar dilakukan akan memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Baca Juga : Bupati Hadiri Wisuda Tahfis Qur’an di Bengalon

Hal itu ia sampaikan saat menutup secara resmi Bazar Promosi UMKM Kutim titik keempat yang dipusatkan di Pantai Sekerat Kecamatan Bengalon, Minggu (30/4/2023) malam.

“Sebagai bahan evaluasi untuk Bazar Promosi UMKM titik keempat ini, saya melihat panggung ini kelihatan kosong. Hadirkanlah entertainment di dalamnya seperti live musik maupun penampilan lainnya, agar warga yang datang tidak hanya berbelanja tetapi juga bisa terhibur dengan adanya entertainment tersebut,” pinta Bupati.

Baca Juga

Bupati menyebut, tujuan pertama dilaksanakannya Bazar Promosi UMKM ini adalah untuk memberikan pendampingan bagi pelaku usaha. Dalam hal ini pendampingan dilakukan oleh Pemkab Kutim melalui Diskop dan UKM Kutim yang bekerja sama dengan GENPRO yang merupakan salah satu organisasi bisnis di Indonesia. Tujuan keduanya adalah diharapkan adanya transaksi di tengah-tengah kegiatan Bazar UMKM.

“Alhamdulillah sampai saat ini, info yang saya dapat sudah ada sekitar 30 UMKM yang siap untuk dikurasi. Mereka nanti akan diberikan pelatihan dan akan diikut sertakan di tiga event secara nasional. Bagi pelaku UMKM yang sudah diinventarisir, saya minta untuk segera menyiapkan diri dengan produk-produk terbaiknya,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Diskop dan UKM Kutim Darsafani mengatakan bahwa pihaknya telah banyak mendata UMKM di Kecamatan Bengalon, khusus di Desa Sekerat adalah kerajinan ekraf.

“Saya meminta kepada Kades Sekerat agar dapat menggali potensi-potensi produk lainnya yang ada di Desa Sekerat. Misalnya produk pertanian dan lain sebagainya,” urainya.

Baca Juga : Basti Dukung Pemulihan Ekonomi Lewat Bazar

Senada, Kepala Desa Sekerat Sunandhika mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ardiansyah atas pembangunan yang telah dilaksanakan di Desa Sekerat.

“Saya menjabat sebagai Kades Sekerat ini belum cukup dua tahun. Namun support Pak Bupati terhadap Sekerat sangat luar biasa. Ini bisa kita lihat jalan menuju ke sini sudah lebih baik. Selain itu, Jembatan Sekurau bawah sekarang ini sudah mulai dikerjakan dan di pantai kita juga semakin meriah,” ucapnya.

Berdasarkan perhitungan dari panitia Bazar Promosi UMKM yang digelar selama enam hari di Panti Sekrat, mulai tanggal 25 hingga 30 April 2023 terjadi transaksi sekitar Rp41,7 juta. (Nt/Dr-Adv)

 

Baca Juga

Back to top button