DPRD Kutim

Potensi Wisata di Kutim Sangat Baik, Yuli Minta Perhatian Serius Pemerintah Dalam Mengelolanya

upnews.id SANGATTA- Potensi pariwisata di Kutim yang cukup bagu, sudah selayaknya menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di masa mendatang. Guna mengarah ke sana, diperlukan keseriusan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dalam menangani sektor yang satu ini.

“Kita harapka sektor pariwisata mulai digarap dengan baik. Sebab, Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kutim, belum tentu dipunyai daerah lain di Indonesia,” kata anggota DPRD Kutim Yuli Sa’pang.

Bahkan terkait panorama alamnya cukup bagus. Salah satunya kawasan hutan dan pantai di bawah laut yang masih cukup bagus. Jika dikelola dengan baik, menurutnya, justru bisa mendatangkan wisatawan yang mampu memberikan pundi-pundi bag daerah.

Namun, potensi pariwisata yang sangat luar biasa tersebut, belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh Pemkab Kutim sebagai salah satu aset yang bisa menjadi sumber pendapatan untuk membantu program pembangunan wilayahnya.

Dikatakan, sudah seharusnya mulai sekarang sudah menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu bagian penting dari pembangunan. Sebab, selain bisa menopang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sektor pariwisata juga bisa menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Sebagai leading sektor kepariwisataan, saya berharap Dinas Pariwisata (Dispar) juga bisa disupport dengan anggaran yang memadai. Hal ini sangat penting, agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut dapat berkonsentrasi terhadap program pengembangan yang sudah mereka miliki,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, Rabu (21/6/2023).

Selain itu, dengan dukungan anggaran yang cukup, dirinya optimis, program kepariwisataan yang digadang-gadang oleh pemerintah, bakal menjadi salah satu sektor yang bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian bagi daerah termasuk berkontribusi pembangunan infrastruktur lokal.

“Kutim ini Kabupaten yang seksi. Sebab, saat ini anggaran kita memadai untuk peningkatan pembangunan sektor pariwisata. Selagi ada anggaran yang cukup, kita minta Pemkab Kutim  maksimalkan seluruh program pembangunan yang ada, termasuk di bidang pariwisata,” ujarnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button