Kutai TimurUpnews

Kutim Sukses Jalankan Kurikulum Double Track

Upnews.id, Sangatta- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) telah melaksanakan Kurikulum Double Track. Metode ini berjalan lancar dan sukses. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat Upacara Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Kantor Bupati, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Rabu (03/05/2023).

“Kurikulum Doble track ini memberikan keleluasaan kepada anak SMA. Memiliki kompetensi khusus. Alhamdulillah dari 2 sekolah yang saya datangi kemarin. Di Kecamatan Teluk Pandan ada siswa yang memiliki kompetensi bidang elektrik dari hasil kerjasama BLK, ada juga yang memiliki keterampilan welder atau las,” ungkapnya.

Baca Juga : Beri Pendidikan Sadar Hukum, Disdik Kutim Rencana Adakan Cerdas Cermat

Lebih lanjut, dirinya juga sangat mendukung terhadap kurikulum ini. Sebab, cara ini dapat memberikan kesempatan sekaligus langkah awal kepada anak didik untuk menentukan keinginnya ke study atau jenjang kuliah nanti. Selain itu siswa juga bisa melihat bidang yang digeluti memiliki peluang di dunia kerja dan di lingkungan masyarakat.

“Mudah-mudahan kurikulum ini bisa berkembang. Sehingga anak didik maupun guru menjadi semangat,” harapnya.

Ardiansyah juga menghimbau agar stakeholder juga mendukung program pemerintah ini. Sehingga generasi mendatang memiliki kemampuan yang prima dalam menghadapi persaingan kerja.

“Bagi siswa yang tidak melanjutkan karena terkait biaya.  Diberi kesempatan, jadi sekolah bekerjasama dengan pihak luar, apakah itu BLK atau lembaga-lembaga formal yang memiliki kualifikasi untuk memberikan pelatihan,” pintanya pria yang mengenakan setelan baju taqwo ini.

Baca Juga : UPTD Pendidikan Sangatta Utara Target Juara Pada Festival Sepak Bola Merdeka Belajar

Pada upacara kali ini turut hadir Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua I Asti Mazar, Dandim 0909/KTM Inf Adi Swastika, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Asisten I Poniso Suryo Renggono dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA).

Pada tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia menetapkan tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’. (Ir/Nt/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button