Mahakam Ulu

BUPATI MAHULU HARAP DAPAT CIPTAKAN CONTENT CREATOR LOKAL YANG MAMPU KELOLA DAYA TARIK WISATA DI MAHULU

upnews.id Ujoh Bilang – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E yang dalam hal ini diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Wenefrida Kayang, S.Sos., M.Si Membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pendampingan Ekonomi Kreatif (Ekraf), di Balai Pertemuan Umum Ujoh Bilang. Selasa (14/11/23)

Pelatihan Bimtek dan Pendampingan Ekraf ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Mahulu yang menghadirkan Narasumber Photography Coaching Online Rakean Shidqi Hasan Ali Wisesa ini di Ikuti Oleh Petinggi Kampung Batoq Kelo, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Long Bagun ilir, Long Bagun Ulu, Ujoh Bilang, Batu Majang, Long Melaham.

Dalam Sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E yang dibacakan Oleh Plh. Sekda Wenefrida Kayang, S.Sos., M.Si menyampaikan Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan daerah, selain sebagai sumber pendapatan, ini juga bisa menjadi potensi besar dalam mempromosikan kekayaan budaya, alam, dan potensi lokal.

Untuk itu, peningkatan sumber daya manusia dalam sektor ini menjadi sangat penting. Maka Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melalui Disparpora fokus membuat pelatihan Andrografi dalam penguasaan kamera handphone sebagai alat untuk membuat konten atau video. Hal ini adalah keahlian yang sangat berharga, karena mengingat handphone saat ini hampir dimiliki oleh seluruh masyarakat, oleh sebab itu sejalan dengan perkembangan teknologi dan tren konten digital yang semakin mendominasi industri pariwisata dan ekonomi kreatif melalui konten visual dan video inilah dapat menarik wisatawan dan dapat mempromosikan produk dan budaya lokal yang ada di Mahakam Ulu.

“Maka dengan adanya kegiatan ini saya sangat mengapresiasi Pelatihan Bimtek yang dilaksanakan pada hari ini, dengan demikian diharapkan para peserta yang ikut ini dapat memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk belajar secara intensif dalam menguasai kamera handphonenya dengan baik untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat konten visual. Pengetahuan ini akan menjadi aset berharga kedepan untuk menjadi seorang content creator lokal yang dapat memajukan pariwisata mahulu,”ucapnya.

Selanjutnya Wenefrida kayang berharap Disparpora dapat merancang mekanisme dalam bentuk dukungan pasca-pelatihan ini, selain itu Disparpora juga diharapkan turut aktif dalam mempromosikan yang hasil konten para peserta, dari hasil konten para peserta ini nanti dapat dibagikan ke media sosial, dapat juga diadakan pameran atau pertunjukan konten dalam mendukung promosi para peserta di platform lokal atau nasional. Ini adalah langkah penting dalam membantu memperkenalkan potensi daerah Kabupaten Mahulu.

“Maka dengan dukungan dan koordinasi yang baik, saya berharap upaya ini akan menghasilkan content creator lokal yang profesional dan sukses serta memberikan manfaat yang besar bagi daerah Mahakam Ulu,” harap Plh. Sekda.

Sementara itu Mewakili Kepala Disparpora Yason Liah, S.Hut., M.P Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Kreatif Kristina Ping,S.S melaporkan Pelatihan Bimtek dan Pendampingan Ekraf ini diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 14-16 november 2023, di Balai Pertemuan Umum Ujoh Bilang. Pelatihan Bimtek dan Pendampingan Ekraf ini terdiri dari Pelatihan dasar ekonomi, pelatihan produksi dan editing, pelatihan pembuatan konten video dan pelatihan teknik pemanfaatan medsos sebagai sarana promosi.

“Maka,diharapkan dari kegiatan ini para peserta dapat paham tentang manfaat pada teknik photography membuat content video atau gambar yang ada di kampungnya serta dapat memposting content video atau foto sebagai sarana promosi potensi budaya-budaya di Mahulu,”ucapnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button