Mahakam Ulu

KEHADIRAN BPS DI MAHULU, MERUPAKAN LEMBAGA STRATEGIS

upnews.id UJOH BILANG – Kehadiran Badan Pusat Statistik Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) ini tidak hanya sebagai sebuah lembaga, tetapi juga sebagai mitra dalam membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Mahulu.

Hal ini disampaikan Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., dalam sambutannya saat meresmikan Kantor BPS Kabupaten Mahulu, Kamis (23/11/2023) di halaman Kantor BPS Kabupaten Mahulu.

“Dengan informasi dan data yang akurat, kita dapat merencanakan program-program yang tepat sasaran untuk kesejahteraan bersama,” tambah Bupati.

Bupati melanjutkan, tidak dapat dipungkiri bahwa data adalah fondasi utama dalam pengambilan keputusan yang bijaksana.

“Kita menyadari betapa pentingnya data sebagai pendorong utama pembangunan yang berkelanjutan. Presiden Republik Indonesia, pernah menyampaikan bahwa data yang akurat merupakan kekayaan baru yang sangat berharga saat ini,” ucap Bupati.

Bupati juga menyatakan, bahkan, nilai dari data dapat melebihi nilai minyak. Data saat ini adalah New Oil.

“Data yang valid menjadi kunci utama dalam pembangunan, dimulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kebijakan untuk hasil yang efektif,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur, Ibu Dr. Yusniar Juliana SST., MIDEC menyampaikan, tentunya dengan adanya penempatan BPS Kabupaten Mahulu ini, sebagai wujud BPS mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan instansi terkait.

“Kenapa data ini sangat penting, sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden RI, menginstruksikan kebijakan hal-hal sekecil apapun harus berbasis pada data,” katanya.

Iya menambahkan, Pemerintah Indonesia telah menetapkan suatu data sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan evaluasi pembangunan.

“Dengan pengertian kedepan kita harus lebih meningkatkan kebijakan kita, tentunya berawal dari susunan kebijakan berupa data, dan ketika kebijakan sudah tersusun, itu benar-benar menjawab permasalahan yang ada di lapangan,” tandasnya.(ADV)

Baca Juga

Back to top button