Kutai Timur

PT PAMA Site KPC Coal Mining Project Gelar Pelatihan Amplang Bagi IRT

upnews.id Sangatta – PT Pamapersada Nusantara site KPC Coal Mining Project bersama Yayasan Dharma Bakti Astra, melalui LPB Pama Banua Etam, melaksanakan Pelatihan Pembuatan Amplang untuk UMKM diwilayah Muara Bengalon. beberapa waktu lalu. kegiatan tersebut disambut antusias warga. Ada 7 UMKM diwilayah Muara Bengalon di sektor Home Industri yang mengikuti.

Amplang sendiri, merupakan cemilan sejenis Kerupuk dengan rasa ikan yang bervariasi. Selain menjadi cemilan, amplang juga bisa menjadi pendamping makanan nasi atau yang lain. Amplang ini terbuat dari bahan dasar ikan pipih atau ikan tenggiri yang merupakan hasil budi daya perikanan khas Kalimantan. Amplang sendiri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama tulang karena mengandung vitamin A, Omega 3 dan 6, Kalsium, dan Protein yang lebih dari kandungan susu.

Untuk diketahui narasumber yang didatangkan apada kegiatan tersebut juga yang sudh ahli dalam bidangnya, yaitu Sri Wahyuni selaku owner dari Raos Enak memberikan materi tentang cara pembuatan amplang yang bagus dan enak.

Adapun materi yang disampaikan yaitu, pemilihan bahan baku untuk amplang yang sesuai dengan daerah sekitar, kriteria bahan baku yang sesuai dengan kualitas amplang yang diinginkan, cara mengolah bahan baku dan cara menggoreng adonan yang sudah dibuat.

Pembuatan Amplang cukup praktis dan tidak terlalu sulit dalam membuatnya, namun yang terpenting ialah proses menggorengnya, harus menggunakan api kecil agar matang merata.

Disisi lain,CSR PT Pamapersada Nusantara Danang, berharap UMKM di wilayah Muara Bengalon dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari pelatihan ini dan dapat konsisten memproduksi amplang.

“Semoga dengan adanya keahlian pembuatan amplang bisa menambah penhasilan ekonomi keluarga,”Tutupnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button