Mahakam UluUpnews

TINDAK LANJUT HASIL KESIAPAN PENGAMANAN PEMILU, ASISTEN I HADIRI RAKOR BERSAMA FORKOPIMDA

upnews.id UJOH BILANG – Dalam rangka tindaklanjut hasil Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Lintas Sektoral Tahun 2023, mewakili Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm., Kes menghadiri Rapat Koordinasi kesiapan Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2023 – 2024 bersama Forkopimda bertempat di Aula Polres Mahulu. Rabu (11/10/2023).

Hadir pada rakor, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, S.E., M.B.A., Kapolres Mahulu Anthony Rybok, S.E., beserta jajaran, Danramil Long Bagun Kapten Inf Rahman Sahanung, perwakilan KPU, Bawaslu, serta OPD terkait.

Asisten I drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm., Kes menuturkan, rakor dalam rangka tindak lanjut Rakorda bersama Polda Kaltim dalam mempersiapkan Pemilu 2024 mendatang khususnya di Kabupaten Mahulu, beberapa hal yang menjadi perhatian selain kamtibmas juga kesiapan logistik, dan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilih.

“Rakorda langsung kita tindaklanjut dengan rakor bersama forkopimda dan KPU Bawaslu, dan kita sudah berkoordinasi untuk KPU Mahulu sudah mempersiapkan Gudang logistic, jadi kalau nanti logistiknya Pemilu baik itu kotak suara, surat suara itu datang lebih awal dari jadwal yang ditentukan kita punya tempat untuk menyimpan di Gudang yang representatif dan pada saatnya ketika harus didistribusikan kita tidak perlu menunggu, karena memang pasang surut dari air mahakam ini kadang tidak bisa kita prediksi,” tutur Asisten I.

Ditambahkan Asisten I drg. Agustinus Teguh Santoso,M.Adm.,Kes, kondisi geografis wilayah Mahulu khususnya dua kecamatan hulu riam menjadi atensi dalam proses pendistribusian logistik Pemilu.

“Mengenai keterlambatan logistic, KPU provinsi sudah memberikan jawaban atas pertanyaan kita, kalau memang kondisi alam tidak memungkinkan melalui transportasi air memang kendalanya kita harus sedini mungkin jangan terlalu mendadak untuk distribusi logistik ini, dan KPU Provinsi menyanggupi dan bahkan menyarankan agar di KPU Mahulu mempersiapkan gudang sehingga ketika logistik datang dahulu itu bisa di simpan di tempat yang representative,” ungkap Asisten I.

Lanjut Asisten I drg. Agustinus Teguh Santoso,M.Adm.,Kes menuturkan, selain itu juga partisipasi pemilih dalam Pemilu juga menjadi perhatian, karena secara statistik untuk Pemilu tahun lalu partisipasi atau keikutsertaan masyarakat di Kaltim masih dibawah target nasional.

“Jadi tahun lalu untuk Pilkada itu hanya 63 persen sementara untuk Pilpresnya 75 persen dan untuk tahun 2024, kita diberikan target partisipasi masyarakat dalam keikutsertaan Pemilu itu harus di angka 78 persen minimal,”

“Ini menjadi tantangan bagi kita karena pada bulan Februari 2024 itu biasanya pada musim kemarau dan masyarakat sedang panen ladang dan ini yang kita antisipasi supaya masyarakat punya kesadaran untuk mensukseskan Pemilu dengan ikut serta dalam menyalurkan hak suaranya, untuk itu mesti ada sosialisasi yang mesti dilakukan oleh Pemda bekerjasama dengan TNI Polri dalam hal ini dengan Babinsa dan Babinkamtibmas sampai ke kampung – kampung untuk mengetuk kesadaran masyarakat supaya partisipasi Pemilu kedepannya juga Mahulu bisa mencapai target minimal 78 persen,” harap Asisten I.

Kapolres Mahulu Anthony Rybok, S.E dalam menuturkan, peran Polri dalam pemilu telah diatur dalam undang-undang yakni dapat membantu KPU dalam pendistribusian dan pengamanan perlengkapan pemungutan suara, serta berperan dalam membangun suasana kondusif di masyarakat.

“Setelah tadi kita mengikuti rangkaian rakor tingkat Polda, kami dalam hal ini Polri tugasnya memang menjaga situasi kamtibmas agar seluruh pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan baik, dan tentunya juga selain kamtibmas kami juga dalam hal ini mendorong KPU sebagai penyelenggara terkait dengan hal-hal yang memang diluar harus kita kerjakan sama-sama,”

“Contohnya pengawalan maupun pengamanan itu tugas kami karena yang menjadi objek pengamanan dari kepolisian pelaksanaan kegiatannya, orangnya, benda, logistik, semua masuk dari bagian objek pengamanan dari kepolisian, termasuk pengamanan barang jalur distribusi logistik dari pemilu tersebut, kami harap sinergitas yang ada, kami disini juga dibantu dengan TNI, Koramil kita siap mendukung KPU dalam membantu pengawalan jalur distribusi logistik Pemilu mendatang,” tutup Kapolres Mahulu.(adv)

Baca Juga

Back to top button