Nasional

Sambut HUT TNI AL, Lanal Sangtta Bersihkan DAS Kanal III

Upnews.id, Sangatta – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI Angkatan Laut (AL), TNI AL mengajak seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), melalui program kali bersih.

Kegiatan kali bersih yang dilaksanakan serentak di 78 lokasi di seluruh wilayah nusantara, terhubung dan dipantau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) secara daring.

Baca Juga : TNI AL Gelar Ekspedisi Maritim 2023, Tim Merah dan Putih Bakal Bertemu di IKN

Salah satu yang melaksanakan Program Kali Bersih (Prokasih) yakni Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sangatta, yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Letkol Laut (P) Shodikin.

Dalam kegiatan Prokasih, Lanal sangatta menyasar Kanal III di Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Selasa (5/9/2023). Dengan melibatkan jajaran Forkopimda, masyarakat Kanal 3, Club Mobil VESSKU, pelajar SMK 2 Sangatta Utara, SMA Yoseph Sangatta, Saka Bahari, terjun langsung membersihkan sampah disepanjang Kanal.

Menurut keterangan Kasal Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., dalam sambutannya, sungai merupakan tempat peradaban ekonomi. Oleh sebab itu, dalam kelangsungan hidup manusia dan peranan penting yang dapat dimanfaatkan sebagai keberlangsungan ekosistem, karena warisan alam yang tak ternilai.

“Selaras dengan momentum HUT TNI AL mewujudkan kelestarian lingkungan hidup berupa program kali bersih di seluruh Nusantara, diharapkan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan melindungi kebersihan air,” sebut Kasal dalam arahannya.

Sementara itu, Danlanal Sangatta menyebut jika Prokasih merupakan program dan penekanan dari pimpinan TNI AL. Agar masyarakat peduli dan perhatian dengan kebersihan lingkungan, serta bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga : Lanal Bersama Instansi Terkait Bersihkan Pantai Kenyamukan

“Aksi pembersihan sampah di sungai ini juga bertujuan untuk ikut mendukung program pemerintah dalam membangun budaya maritim dengan lebih peduli lingkungan,” sebutnya.

Diketahui, Program Kali Bersih Nasional dalam rangka menyambut HUT TNI AL tersebut mengambil tema “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, serta perwakilan Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan dan sejumlah undangan lainnya.

Baca Juga

Back to top button