HeadlineNasional

TNI AL Gelar Ekspedisi Maritim 2023, Tim Merah dan Putih Bakal Bertemu di IKN

Upnews.id, Sangatta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) bakal menggelar Ekspedisi Maritim 2023 dari 4-10 September. Dimana tim akan dibagi menjadi dua, yakni tim merah start dari Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, sementara tim putih start dari Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Kedua tim nantinya akan bertemu di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang dilanjutkan dengan digelarnya upacara HUT TNI AL yang ke-78 pada 10 September mendatang. Dimana rencananya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yang akan memimpin apel tersebut.

Baca Juga : Pemda Kutim Hibahkan KAL Kudungga ke TNI AL

Guna mensukseskan Ekspedisi Maritim 2023, Pangkalan TNI AL (Lanal) Sangatta yang berada di Kabupaten Kutai Timur bakal menjadi salah satu wilayah perlintasan tim merah, tengah mempersiapkan diri.

Menurut keterangan Komandan Lanal (Danlanal) Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, memastikan pihaknya bakal menggelar penyambutan secara maksimal. Untuk itu, dirinya telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait adanya Ekspedisi Maritim yang bakal melintasi daratan Kutai Timur.

“Kami telah berkoordinasi dengan para staf Lanal Sangatta, dengan stakeholder dan pemerintah daerah dengan adanya kegaitan Ekspedisi Maritim yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut. Jadi nanti mempersiapkan kedatangan tim merah, yang datang dari Nunukan, Tarakan dan Berau. Kami jemput di wilayah kerja Lanal Sangatta, Kecamatan Kongbeng,” ungkapnya.

Perjalanan Ekspedisi Maritim ini merupakan perjalanan bersejarah untuk memulai bangsa Indonesia sebagai bangsa pemenang di bidang kemaritiman. Latar belakang digelarnya Ekspedisi Maritim TNI AL, karena sebagian besar wilayah Indonesia berupa lautan yang memiliki beragam sejarah, potensi dan wisata maritim yang harus selalu dijaga kelestariannya.

Khusus untuk Ekspedisi Maritim 2023 ini, bakal berbeda dengan yang sebelumnya. Dimana kali ini tim akan menyusuri jalur darat dari sisi utara Kalimantan hingga ke IKN. Selama ini, ekspedisi selalu melalui jalur laut.

Danlanal menyampaikan, pihaknya bakal menjemput rombongan di perbatasan Berau-Kutim tepatnya di Kecamatan Kongbeng. Dari sana tim akan istirahat di Desa Makmur Jaya, guna melaksanakan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat setempat.

Baca Juga : Joni Sebut Sangsaka Bisa Dijadikan Poros Maritim Kutai Timur

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan perjalanan menuju cek poin kedua di Gunung Kudung, yang berada di Desa Tepian Indah, Kecamatan Bengalon, untuk melaksanakan istirahat salat dan makan (isoma).

“Kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Sangatta untuk istirahat malam,” ungkapnya.

Sedangkan pada 8 September 2023, Tim Merah bersama jajaran Lanal Sangatta akan menyambangi Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang berada di kawasan Rawa Gabus, Kecamatan Sangatta Selatan. Dimana di lokasi itu akan digelar Festival Bahari Nusantara.

“Banyak kegiatan dengan melibatkan UMKM lokal. Ada pula lomba bertema kebaharian. Seperti lomba fotography, kerajinan tangan dan melukis. Semuanya mengangkat tema kebaharian. Termasuk atraksi aeromodelling,” ungkapnya.

Sebenarnya, kata Danlanal, banyak kegiatan lainnya yang digelar di kawasan KBN. Seperti panjat pinang dan lainnya. Sehingga masyarakat bisa mengikuti lomba dan menyaksikan keseruannya. Apalagi ada panggung prajurit dan panggung rakyat juga di sana.

“Kegiatan Ekspedisi Maritim ini juga untuk mengenalkan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara di Rawa Gabus, merupakan bentukan Lanal Sangatta. Disana nanti juga ada kulienr gratis untuk seluruh pengunjung,” paparnya.

Apalagi pembangunan sedang berlangsung di Rawa Gabus, seperti jalan masuk menuju lokasi KBN. Bahkan di sana juga akan dibangun Pos Angkatan Laut.

Baca Juga : Puncak HUT TNI AL, Lanal Sangatta Gelar Upacara dan Syukuran

“Yang jelas, kami akan mendorong perekonomian di sana. Apalagi masih belum ada permukiman penduduk di sana. Sehingga pengenalan wilayah ini juga menjadi salah satu pertimbangan untuk pertumbuhan permukiman masyarakat,” tuturnya.

Sehingga diketahui bahwa kawasan itu layak untuk menjadi pertimbangan dalam pembangunan, karena sudah ada KBN. Pemerintah daerah (pemda) pun bisa memberikan perhatian terhadap peningkatan infrastrukturnya. Mengingat, semenisasi akan dikerjakan tahun ini. Bahkan dari Kantor Kecamatan Sangatta selatan hingga lokasi KBN di Rawa Gabus.

“Nanti Tim Merah bersama jajaran Lanal Sangatta, konvoi menuju lokasi bersama rombongan. Menggunakan kendaraan jenis offroad. Tim Merah sudah membawa kendaraan masing-masing,” bebernya.

Setelah kegiatan di Rawa Gabus, Tim Merah akan dikawal menuju ke Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Selanjutnya tim merah akan disambut oleh Lanal Balikpapan, hingga nanti finis di IKN dan bertemu dengan Tim Putih dari Pontianak. (An/Dr)

Baca Juga

Back to top button