Kutai TimurRagam

Presiden Jokowi Dijadwalkan Kunjungi Kutai Timur

Upnews.id, Sangatta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dikabarkan bakal mengunjungi Kabupaten Kutai Timur pada beberapa bulan kedepan. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat membuka Pekan Raya Teluk Pandan (6/8/2022)

Bupati menyebut, kedatangan Presiden guna melihat secara langsung pengiriman pisang kapok khas Kutai Timur yang siap di ekspor ke beberapa negara.

“Rencananya (Presiden datang) bulan Oktober atau September saya lupa. Ada event pengapalan atau pengiriman pisang Kutai Timur,” sebut Bupati.

Baca Juga : Bupati Buka Pekan Raya Teluk Pandan

Diketahui, pisang kapok Kutim yang berasal dari Kecamatan Kaliorang, Sangkulirang dan Kaubun, sejak tahun 2019 telah di ekspor keluar negeri. Dimana pengusaha yang mengkoordinir ekspor tersebut merupakan UMKM atau Koperasi asal Kecamatan Kaubun, yang menghimpun beberapa koperasi yang lainnya.

Bupati juga mengaku telah berkomunikasi dengan pengelola koperasi tersebut untuk memperbanyak produk yang di ekspor. Dimana produk-produk tersebut berasal dari kecamatan-kecamatan lain di Kutai Timur.

“Peluang bagi kecamatan yang lain, sayang kalau dilewatkan. Saya sudah perintahkan dia untuk komunikasi dengan pelaku yang lain, siapa tau bisa menambah produknya,” tambah Bupati.

Baca Juga : Faizal Minta Pemerintah Perbaiki Jembatan Penghubung Di Kaubun

Dihadapan seluruh undangan dan masyarakat Kecamatan Teluk Pandan yang memadati Pekan Raya. Bupati juga mengaku telah memperkenalkan potensi buah nanas yang dimiliki Teluk Panda.

“Saya juga sudah kenalkan nanas dari Teluk Pandan yang manis, ada 13 hektar di Desa Martadinata. Permintaanya Polandia, tapi dia minta dalam bentuk kristal nanas sudah jadi seperti serbuk,” imbuhnya.

Untuk memenuhi permintaan nanas tersebut, saat ini mereka mengambil nanas dari Kecamatan Batu Ampar dan diproses di koperasi yang ada di Kaubun menjadi serbuk. (An/Dr-Adv Kominfo)

Baca Juga

Back to top button