DPRD KutimKutai Timur

DPRD Kutim Apresiasi Penetapan Kutai Timur sebagai Superhub IKN, Mendorong Diversifikasi Ekonomi dan Peningkatan SDM

Upnews.id, Sangatta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) menyambut baik penetapan Kutai Timur sebagai Superhub (penyokong) ekonomi Indonesia Knowledge Hub (IKN) oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), bersama beberapa daerah lain di Kalimantan Timur (Kaltim). Meskipun sektor pertambangan, yang selama ini menjadi tulang punggung pembangunan daerah, tidak masuk dalam program yang diinisiasi mulai tahun 2030 mendatang.

Menanggapi keputusan ini, anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kutim, Jimmi, menekankan pentingnya persiapan sejak dini oleh pemerintah daerah.

“Kita perlu menyiapkan infrastruktur pendukung untuk mengoptimalkan sumber pendapatan lain selain dari pertambangan, seperti pertanian, perikanan, perkebunan, dan sektor pariwisata.” Ungkap Jimmy belum lama ini

Jimmi, yang merupakan politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menyoroti pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor utama dalam arah pembangunan daerah. “SDM yang berkualitas menjadi modal dasar untuk terus meningkatkan devisa ke depan,” tambahnya.

Meskipun Kutai Timur memiliki sumber daya alam yang terbatas, Jimmi optimis bahwa dengan SDM berkualitas dan penerapan teknologi terkini, pembangunan dapat tetap berdampak positif.

Ia mengajak pemerintah untuk memanfaatkan anggaran yang ada untuk meningkatkan kapasitas SDM.

Jimmi juga menekankan perbandingan kemajuan pembangunan antara Kutim dengan daerah lain, khususnya pulau Jawa.

“Kita kalahnya dengan pulau Jawa, cuma jumlah penduduk. Jadi di sana banyak kepala yang ikut memikirkan daerahnya, kita di sini kekurangan,” ungkap Jimmi, sembari mengecam ketidakseimbangan dukungan pembangunan.(Put/Nt/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button