Diskominfo KutimKutai Timur

DLH Kutim Bersama Bappenas dan USAID Gelar D3LH

Upnews.id, Sangatta- Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Timur (DLH Kutim) bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta United Stated Agency For International Development (USAID) menggelar kegiatan Ekspose Dokumen Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Timur (D3LH). Acara diselenggarakan di Ruang Pelangi, Hotel  Royal Victoria, Senin (31/07/2023).

Kepala DLH Kutim Armin Nazar mengatakan, bahwa kajian yang dilakukan dalam kegiatan ini mencakup analisis dampak lingkungan, kapasitas daya dukung ekosistem, serta langkah-langkah strategis untuk menjaga keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga : DLH Kutim Sosialisasikan Waktu Buang Sampah

“Tindak lanjutnya outputnya nanti ditetapkan dengan peraturan bupati. Ya memang termasuk kita Kutai Timur agak terlambat ya, Tapi bukan berarti tidak melaksanakan,” tuturnya

Ia juga menyampaikan, bahwa dokumen ini adalah rangkaian dari upaya menyusun dokumen Rencana Pembangunana Jangka Panjang (RPJP) daerah. sehingga diperlukan dokumen D3LH untuk menjadi acuan membuat dokumen selanjutnya yakni dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

“Makanya kita upayakan dokumen ini selesai dulu, karena tahun ini juga kita menyusun dokumen KLHS untuk rencana pembangunan jangka panjang Kutai Timur,” imbuhnya.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman mengatakan, bahwa pentingnya kegiatan ini dalam upaya menjaga keseimbangan lingkungan hidup di daerah Kutai Timur yang kaya akan sumber daya alam. Ia juga menekankan perlunya kesadaran bersama akan pentingnya pelestarian lingkungan demi kesejahteraan masyarakat dan generasi mendatang.

Baca Juga : Wagub Kaltim Sambut Kunjungan Dubes Jerman, Apresiasi Kerjasama Sektor Lingkungan Sosial Ekonomi

“Dokumen ini adalah dokumen awal yang mudah-mudahan bisa memberikan satu pedoman yang mendasar dalam rangka kita terus melaksanakan pembangunan di Kutai Timur,” pungkasnya. (Ir/Nt/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button