Disdikbud KaltimKutai BaratPendidikan

Disdikbud dan Kejati Kaltim Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Kubar

Upnews.id, Barong Tongkok – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur kembali mencari Duta Pelajar Sadar Hukum disetiap kabupaten/kota di Provinsi Kaltim. Kali ini giliran pelajar Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang menjadi sasarannya.

Pelaksanaan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum 2023 di Kubar, Disdikbud Kaltim bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi Kaltim (Kejati Kaltim) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kubar, yang dilaksanakan di Hotel Sidodadi Barong Tongkok, Kutai Barat, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga : Kejari Berau Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum

Mewakili Kepala Disdikbud Kaltim, Kepala Cabang Dinas IV Kutai Barat dan Mahulu Muhammad Ruslie mengatakan dunia pendidikan khususnya bagi pelajar pada jenjang menegah atas atau kejuruan baik negeri maupun swasta merupakan masa paling dinamis dan menjadi kunci keberhasilan dalam menentukan masa depan. Pribadi pelajar pada akhirnya akan menentukan masa depan bangsa Indonesia.

“Jika para pelajar tidak mengisi diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan maka kelak setelah tamat sekolah tidak akan mampu bersaing,” tutur Ruslie.

Dia mengatakan pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus diselamatkan dengan memberikan pemahaman tentang arti pentingnya nilai-nilai kesadaran hukum.

Koordinator Asisten Intelejen Kejati Kaltim Restu Demawan mengatakan sesuai pasal 30 ayat 3 huruf a UU No.16 tahun 2004 disebutkan tugas dan wewenang kejaksaan yakni dalam bidang ketertiban dan ketentraman umum.

“Komitmen kami dalam rangka peningkatan kesadaran hukum masyarakat diimplementasikan dalam program pembinaan masyarakat taat hukum melalui kegiatan penerangan hukum, jaksa masuk sekolah, jaksa menyapa, dan duta pelajar sadar hukum,” tutur Restu.

Baca Juga : Pengurus KTNA dan Dinas Pertanian Kubar Bertandang ke Berau

Dia berharap melalui kegiatan ini dapat melahirkan generasi muda sebagai penerus bangsa atau pelajar-pelajar sadar hukum yang dapat menjadi agen perubahan di tengah masyarakat.

Di hadiri oleh Kejari Kutai Barat Mahesa Priyatama, guru pedamping dan peserta duta pelajar sadar hukum.

Hasil pemilihan diperoleh juara 1 Rayhan Aulia Nasution dan Anna Maria dari SMKN 1 Sendawar, Juara 2 Mia Stacia Adelia Effendi dan Yahezki Aprilian Caesar dari SMAN 3 Sendawar, serta juara 3 Mardatillah dan Siprianus Ovaldi dari SMAN 1 Jempang.

Para pemenang ini selanjutnya akan mengikuti pemilihan duta pelajar sadar hukum ke tingkat provinsi yang rencananya digelar di Balikpapan. (An/Dr-Disdikbud)

Baca Juga

Back to top button