BerauPendidikan

Kejari Berau Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum

Upnewa.id, Berau – Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur (Kejati Kaltim) melalui Kejaksaan Negeri Berau, menggelar pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2023 di Berau.

Kegiatan ini diikuti oleh pelajar jenjang SMA sederajat se Kabupaten Berau, yang diikuti sebanyak 10 tim. Setiap tim terdiri satu pelajar putra dan putri.

Baca Juga :  Siswa SMA Negeri 1 Berhasil Raih Gelar Duta Pelajar Sadar Hukum Wilayah PPU

Dengan mengambil tempat di Grand Parama Hotel Jl.Pemuda Bugis Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Jumat (28/7/2023).

Kajari Berau R. Hari Wibowo menyebut, sebelum pemilihan duta pelajar sadar hukum, para peserta se Kabupaten Berau mengajukan karya tulis inovatif.

“selanjutnya dilakukan seleksi terhadap karya tulis inovatif yang diajukan, sehingga didapati 10 peserta guna dipertandingkan pada tingkat Kabupaten Berau,” jelas Kajari dalam siaran perss nya.

Kajari menyampaikan bahwa, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab,” imbuhnya.

Baca Juga :  SMA N 1 Balikpapan Menangkan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kota

Oleh karenanya, pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa harus dikembangkan potensinya kearah yang positif salah satunya diberikan pemahaman hukum melalui pembinaan atau pembentukan pelajar sadar hukum.

Dimana secara tidak langsung akan membentuk karakter para pelajar terkait hukum yakni kejujuran, tanggung jawab, disiplin, toleransi dan peduli pada lingkungan dan sosial serta dapat bertindak lebih bijak dengan mematuhi ketentuan yang berlaku.

“Melalui kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA sederajat se-Kaltim tahun 2023 ini saya berharap dapat melahirkan pelajar-pelajar sadar hukum, yang dapat menjadi agen perubahan (agent of change) di tengah masyarakat khususnya di lingkungan sekolah masing-masing, serta dapat menularkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ketertiban dan ketentraman umum dapat terpelihara ditengah kehidupan masyarakat,” tambahnya.

Dari Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kabupaten Tahun 2023 di Berau ini, didapati juara I yakni, Betran Cristian Antolin dan Bernike Gloria Nadeak dari SMAN 4 Berau.

Baca Juga : Disdikbud Kaltim Gelar Pemilihan Duta Sadar Hukum Provinsi Kaltim 2023

Untuk juara II yakni, Rian Hidayat dan Alvian Damayanti dari SMAN 2 Berau, dan juara III kembali dari SMAN 4 Berau atas nama Datu Rizki Hardika Zulfikar dan Shalwa Daffina Darmawan.

“Para juara I, II dan III dari Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kabupaten Berau, selanjutnya akan dipertandingkan kembali pada tingkat Provinsi bersama dengan para juara dari masing-masing Kabupaten/ Kota se Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Selain berhak melaju ke tingkat provinsi, ketiga tim tersebut juga mendapatkan apresiasi berupa uang pembinaan, piagam dan plakat dari Kejari Berau. Juara I mendapat Rp4,5 juta, juara II Rp3,5 juta dan juara III sebesar Rp2,5 juta.

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Berau turut dihadiri oleh Juanita selaku Kepala Cabang Dinas VI Disdikbud Provinsi Kalimantan Timur, para juri dari Kejati Kaltim dan Kejari Berau, para guru pembimbing beserta peserta pemilihan duta pelajar sadar hukum. (Rls/Dr)

Baca Juga

Back to top button