Disdikbud KaltimDiskominfo Kaltim

SMA 3 Tenggarong Juara Umum Duta Pelajar Sadar Hukum 2023

Upnews.id, Balikpapan – Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Timur resmi ditutup, Novotel Hotel Balikpapan, beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan yang rutin digelar tiap tahun ini, kini memasuki di tahun ke-4. Diikuti 30 Peserta dari 10 Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Timur.

Staf Ahli Gubernur Pemprov Kaltim Diddy Rusdiansyah sekaligus mewakili PJ Gubernur Kaltim menyampaikan dalam sambutannya peserta adalah contoh dan figur dari sekolah masing-masing.

“Jangan pernah berhenti untuk belajar. Rajinlah membaca. Baca Alquran, baca Hadis, dan baca ilmu pengetahuan termasuk ilmu hukum. Sebagai duta, Anda menjadi perpanjangan Pemerintah,” ujar Diddy.

Dia mengatakan, sebagai perpanjangan Pemerintah, duta berperan bagaimana menyadarkan orang-orang disekitarnya akan pentingnya hukum. Buktikan bahwa juri tidak salah pilih. Ke depan, duta-duta pelajar sadar hukum menjadi generasi penerus jaksa.

“Ke depan, kalianlah yang akan mengisi Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri,” harap Diddy.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati Kaltim) Hari Sutiyono mengatakan peserta yang mengikuti program ini adalah pelajar pilihan. Tugas utamanya menyebarluaskan pemahan tentang hukum.

“Mata pelajaran budi pekerti digabung dengan mata pelajaran kewarganegaraan menjadi komitmen kejaksaan dalam rangka meningkatkan sadar hukum,” tutur Sutiyono.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini Terima kasih Pemprov Kaltim melalui Disdikbud Kaltim. Yang terpenting duta dapat mengedukasi, mempu menjadi penggerak untuk sadar hukum,” pesan Sutiyono.

Sekretaris Disdikbud Kaltim Yekti Utami mengatakan bangga kepada anak-anak telah berjuang keras untuk menjadi yang terbaik.

“Selamat kepada para pemenang. Tetap tingkatkan pemahaman akan sadar hukum dan perdalam ilmunya. Sehingga nantinya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi jurusan hukum dan akhirnya bisa menjadi penegak hukum yang hebat,” pesan Yekti.

Dia mengatakan, bagi adik-adik yang tidak mendapat juara, jangan patah hati. Pada dasarnya, semua adalah pemenang dari sekolah dan kabupaten kota masing-masing. Pengalaman mengikuti ajang inilah yang terpenting.

Ketua Penitia Sugianto melaporkan Juara 1 diraih oleh Meylis Hadi Yanti dan Rafi Pramana Putra dari SMA 3 Tenggarong, Juara 2 diraih oleh Amin Fatku Rohman dan Innasysila Rismaulidinas Aziz dari SMA 1 Long Ikis, Juara 3 diraih oleh
Atika Rahma Dita dan Huakbar Priyanto Putra dari SMA N 1 Rantau Pulung, Juara favorit like terbanyak di instagram Muhammad Rikza Rizqi Amrillah dan Amanda Khairunnisa dari SMA N 2 Balikpapan. (*/Adv Diskominfo Kaltim)

Baca Juga

Back to top button