Disdikbud Kaltim

 Disdikbud Kaltim Resmi Menunjuk SMK N 3 Samarinda Sebagai Sekolah Inklusi

upnews.id Samarinda – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim telah menunjuk SMK 3 Samarinda sebagai sekolah inklusi. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Muhammad Kurniawan.

Ia mengungkapkan, alasan pihaknya menunjuk SMK 3 Samarinda sebagai sekolah inklusi karena ada beberapa anak berkebutuhan khusus (ABK) yang masih bisa bersekolah di sekolah umum.

“Memang AKB ini sudah ada sekolahnya, yaitu Sekolah Luar Biasa (SLB). Tetapi ada beberapa anak yang memang masih bisa diterima di sekolah umum,” ujar Kurniawan.

Kendati demikian, penerimaan siswa ABK di sekolah umum memang tidak begitu banyak. Sehingga, penerimaan siswa ABK masih lebih banyak di SLB karena guru-gurunya juga berlatar belakang pendidikan luar biasa.

Diakui Kurniawan, sekolah inklusi di Kaltim masih terbatas dengan tenaga pendidik. Oleh sebab itu, memang harus disediakan untuk guru khusus tambahan.

“Kendalanya, kami ini harus memenuhi ketersediaan gurunya karena butuh guru khusus,” ungkapnya.

Kurniawan berharap, hadirnya sekolah inklusi bisa menjadi jawaban bagi ABK yang juga hendak mengenyam pendidikan. Sekaligus bisa sebagai tempat bagi ABK mengembangkan keterampilan sosialnya. (adv/disdikbud kaltim)

Baca Juga

Back to top button