Diskominfo KutimKutai Timur

Ada Olahraga Kurash di Kutim

Upnews.id. Sangatta- Olahraga Kurash mulai diperkenalkan di Kabupaten Kutai Timur. Kurash adalah salah satu jenis olahraga bela diri tradisional yang berasal dari Uzbekistan. Kurash memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju. Sosialisasi olahraga ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang di Hotel MS Jalan Yos Sudarso, Selasa (17/10/2023).

Wabup mengharapkan sosialisasi ini dilakukan secara masif terutama di sekolah-sekolah. Ia juga meminta kepada pengurus  Ferkushi, membuat base camp yang bisa digunakan untuk mengembangkan olahraga ini.

“Sudah saatnya diperkenalkan kepada seluruh masyarakat di Kutim. Sosialisasi juga di seluruh sekolah. Buat base camp, memudahkan masyarakat untuk berkoordinasi dan berkomunikasi. Terutama para pelajar,” pintanya.

Acara sosialisasi ini juga hadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Basrie, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rudi Hartono, Ketua Federasi Kursh Indonesia (Ferkushi) Kutim Dayang Rika serta tamu undangan.

Sosialisasi menghadirkan narasumber, pelatih Kurash Indonesia SEA GAME Philipina 2019, Vera Saraswati serta pelatih Kurash Kaltim Aulia Rahman. Kegiatan itu diiikuti 76 peserta dari berbagai latar belakang.

Ketua Ferkushi Kutim Dayang Rika mengatakan,  sosialisasi bertujuan  agar para peserta bisa memahami dan menerapkan prinsip-prinsip science untuk membantu dalam meningkatkan prestasi olahraga. Dijelaskan, dalam sport science terdapat tiga unsur yakni,  fisiologi, psikologi, dan biomekanika.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat terwujud sebuah program latihan yang terukur dalam membentuk skuat yang fit, bugar, dan bebas cedera sebelum menghadapi pertandingan,” bebernya.(Nt/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button