HeadlineKutai Timur

Perumdam Gelontorkan Rp1,3 M Untuk Ganti Pipa Unit Bengalon

Upnews.id, Sangatta – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Tuah Benua Kutai Timur (TTB KT) mengelontorkan anggaran hingga Rp1,3 miliar untuk menganti jaringan pipa transmisi intake Unit Bengalon. Proses penggantian pipa akan dilakukan secara bertahap, diawali dari jalan M. Yusuf hingga jalan Mulawarman, Desa Sepaso Induk Kecamatan Bengalon.

Direktur Perumdam Suparjan melalui Kabag Teknik Rudiansyah menjelaskan, dana itu berasal dari anggaran internal Perumdam TTB-KT yang diperoleh dari pemotongan tiap kegiatan prioritas di setiap Unit.

“Anggaran itu dikumpul sedikit demi sedikit dari tiap kegiatan jaringan pipa di unit. Contoh, misalnya di unit A ada pemasangan ni, kita kurangi untuk sementara. Trus di unit B juga sama, hingga terkumpul Rp1,3 miliar itu,” terang Rudiansyah di Ruang Kerjanya, Rabu (27/10/2021).

Lebih lanjut, Penetapan prioritas kegiatan berdasarkan cek lapangan. Kerusakan jaringan pipa yang terjadi di Unit Bengalon dinilai cukup parah. Dampak yang ditimbulkan telah menurunkan debit produksi di Intalasi Pengolahan Air (IPA), hingga berpengaruh pada layanan distribusi air ke pelanggan.

“Kita harus cepat. Maka dalam waktu 6 bulan, setelah cek lapangan di bulan April lalu. Sekarang pengerjaan bisa dilakukan,” ungkapnya.

Teknisnya sebut Rudiansyah, pengerjaan sesuai dengan area kebocoran. Panjang jaringan pipa yang rusak 700 meter. Jenis pipa adalah HPDE dengan diameter 200 mm. Membentang dari Sungai Aji, jalan M. Yusuf hingga jalan poros Mulawarman.

“Pipa baru yang kita pasang jenis Galvanized Iron Pipa (GIP) guna mengantisipasi kerusakan akibat kapang. Ukurannya 200 mm dengan panjang 700 meter,” ungkap mantan Kabag Produksi ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, pipa intake Perumdam Unit Bengalon mengalami kerusakan yang diakibatkan binatang kapang. Ukuran lombang akibat ulah bintang sejenis siput ini kurang lebih 1,5 cm. Jumlahnya pun bervariasi. Mulai 7 hingga 15 lubang di tiap area.

Masalah kebocoran pipa ini juga telah dicek langsung oleh Direktur Perumdam Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, Kepala Bagian Teknik Rudiansyah, bersama Anggota DPRD Kutim Asmawardi dan Kasi Trantib Kecamatan Bengalon Ahmad Rasyidi, Selasa (20/4/2021) lalu. (Humas Perudam)

Baca Juga

Back to top button