Diskominfo KutimKutai Timur

1 Warga Jadi Korban Musibah Kebakaran Sebongkok

Upnews.id, Sangatta – Warga Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur baru saja dihebohkan adanya musibah kebakaran di Kawasan Sebongkok RT 14. Kebakaran di wilayah Desa Sepaso, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur ini terjadi, Rabu (27/3/2024) sekitar pukul 00.15 Wita.

“Api melahap cepat bangunan rumah. Api baru berhasil dipadamkan oleh petugas sekitar pukul 04.00 Wita menggunakan 7 unit mobil tangki pemadam kebakaran dari BPBD, beberapa perusahaan, tim resque, warga dan lainnya,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, Muhammad Naim melalui laporan timnya di lapangan, Rabu (27/3/2024).

Lanjutnya, musibah kebakaran yang terjadi di Kawasan Sebongkok, Kecamatan Bengalon, Kutim itu mengakibatkan beberapa bangunan terbakar diantaranya bangunan ruko sebanyak 27 unit, sarang walet sebanyak 2 unit, Gedung TK/TPA sebanyak 1 unit dan rumah barakan sebanyak 21 unit.

Tak hanya itu, kebakaran besar itu juga menimbulkan 48 korban jiwa dengan 1 orang perempuan dinyatakan meninggal dunia. Kronologi Kebakaran terjadi lantaran ada api yang berasal dari salah satu barakan yang terdampak atas nama Pak Wir. Namun saat kejadian, listrik desa dalam kondisi padam sekitar pukul 00.18 Wita.

“Penyebab kebakaran diduga ada korsleting listrik di barakan Pak Wir,” imbuhnya.

Akibat dari kejadian tersebut, diperkirakan kerugian mencapai Rp 1 sampai 5 Miliar. Menurutnya, kewaspadaan dini warga dalam pencegahan bahaya kebakaran harus terus diperhatikan dengan tujuannya agar tidak menimbulkan potensi kebakaran kedepan.

“Harapannya OPD terkait bisa memberikan imbauan kepada masyarakat untuk bisa berhati – hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran,” pungkasnya.(Put/Nt/Dr)

Baca Juga

Back to top button