Kutai TimurRagam

Moment Langka, Hiu Paus Muncul di Perairan Sekrat

Upnews.id, Sangatta – Aktifitas nelayan bagan di laut Kutai Timur, tepatnya di perairan Sekrat Kecamatan Bengalon tiba-tiba terhenti. Saat sepasang Hiu Paus muncul kepermukaan untuk mencari makan.

Moment langka itu pun langsung dimanfaatkan seluruh awak kapal, dengan memberi makan sisa-sisa ikan dari bagan sembari kru yang lain mengabadikannya. Akhirnya, dokumentasi yang diambil dadakan pada 28 Desember 2019 lalu itu pun diunggah ke akun media sosial youtube.

Menurut keterangan Wawan Setiawan dari Komunitas Mancing Botom Fishing Community Sangatta (BFCS), pada awalnya dirinya beserta dua rekannya yang berasal dari Sangatta, ingin berwisata di Pantai Sekrat. Namun diajak oleh nelayan Desa Sekrat untuk ikut panen di bagan dengan waktu tempuh 40 menit dari bibir pantai.

Sekitar pukul 5 pagi, saat semua nelayan tengah panen. Tiba-tiba muncul seekor hiu paus dari kedalaman, mendapat sambutan yang ramah dari nelayan satu ekor hiu paus pun turut muncul sembari bermain di sekitaran kapal dan bagan nelayan.

yang muncul sepasang hiu paus mas kurang lebih selama 40 menit, dan sekitar pukul 6.30 pagi satu ekor muncul lagi untuk mencari makanan” Ujar Wawan.

Wawan beserta nelayan lain menjelaskan, bahwa momen bertemu dan berinteraksi langsung dari dekat dengan hiu jinak pemakan plankton atau whale shark baru pertama kali.

Wawan Setiawan bersama Komunitas Mancing BFCS

“sebelumnya pernah melihat hiu paus di perairan Teluk Lombok waktu mancing, cuma waktu itu hanya lewat dibawah kapal kita aja” Jelas Wawan saat dikonfirmasi oleh upnews.id

Wawan hanya berahap, dirinya dapat kembali menyaksikan moment langka semacam itu di kemudian hari. (Yes)

Baca Juga

Back to top button