Diskominfo Kutim

Akuntansi Awards 2023 jadi Momentum Pertahankan WTP

Upnews.id, Sangatta –  Akuntansi Awards yang menjadi ajang apresiasi dan penghargaan, bagi Perangkat Daerah (PD) yang secara aktif melaporkan keuanganya selama satu tahun anggaran berjalan ini. Kembali digelar di salah satu hotel di Samarinda, Kamis (02/11/2023) malam.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutai Timur (Kutim), dihadiri oleh sejumlah undangan, mulai dari Bupati Ardiansyah Sulaiman, Plt Kepala BPKAD M. Hamdan, perwakilan BPK Kaltim, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kaltim, Bankaltimtara, Kepala Perangkat Daerah, Camat serta undangan lainnya.

Baca Juga : BPKAD Kutim Ingatkan OPD Untuk Serahkan Laporan Keuangan Tepat Waktu

Dalam kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menyebut ajang  Akuntansi Award yang sudah memasuki tahun kedua penyelenggaraan ini. Menjadi salah satu wujud komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam menyajikan laporan keuangan pemerintah secara baik di masing-masing Perangkat Daerah.

“Dan ini (Akuntansi Award) merupakan ide yang digagas sejak lama oleh almarhum Teddy Febrian yang didukung oleh segenap jajarannya. Dan kini menjadi amal jariyah beliau, apabila ini memberikan nuansa yang terbaik bagi seluruh entitas pengelola keuangan di Perangkat Daerah di Kutim,” ujarnya.

Selain itu, ajang Akuntansi Awards ini juga menjadi bagian dari momentum bagi pemerintah daerah dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan cara kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas.

“Saya ucapkan terima kasih kepada saudara-saudara yang sudah bekerja sangat keras, dan ikut andil dalam mewujudkan laporan keuangan yang baik. Dan saya berharap kegiatan ini menjadi pemicu dan pemacu dalam meningkatkan kinerja pemerintah,” pinta bupati.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala BPKAD Kutim M. Hamdan mengatakan, ajang ini bagian dari upaya untuk terus meningkatkan kinerja pemerintah daerah. Sekaligus apresiasi kepada masing-masing perangkat daerah terutama dalam penyampaian laporan keuangan.

Baca Juga : Adu Penalti Polres Vs RSUD Kudungga

“Dua tahun sebelumnya kita mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK Kaltim. Dan tahun 2022 lalu kita mendapatkan WTP, ini menjadi momentum untuk membulatkan tekad kuat kita agar bisa terus mempertahankan itu (WTP) kembali, ” ujarnya.

Diketahui pada ajang Akuntansi Awards 2023 ini RSUD Kudungga menjadi Perangkat Daerah dengan peraih penghargaan terbanyak. Yakni kategori operator keuangan teraktif, penyusunan laporan keuangan termandiri dan penyajian laporan keuangan terbaik.

Atas prestasinya itu, RSUD Kudungga diganjar satu unit mobil operasional, piagam penghargaan serta trofi Akuntansi Awards 2023. (Ir/An/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button