HeadlineKutai Timur

Tim Rescue Damkar Kutim Berhasil Evakuasi Buaya Dari Permukiman

Upnews.id, Sangatta – Tim Rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kutai Timur. Pada Selasa (09/03/2021) berhasil mengevakuasi buaya sepanjang 1,5 meter dari permukiman warga Gang Bhineka RT. 47, Kecamatan Sangatta Utara.

Saudin selaku Ketua Tim Rescue, menuturkan jika pihaknya pada pukul 10.00 Wita mendapatkan laporan dari warga jika ada buaya yang tengah berjemur di tepi kolam ikan. Dirinya segera mengirimkan anggota untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, usai dipastikan kebenaranya langsung mengirimkan 1 kru guna menangkap hewan berdarah dingin itu.

Lantaran buaya buruannya masuk kedalam kolam, membuat tim rescue harus memompa airnya terlebih dahulu. “Pengurasan memakan waktu hingga 2 jam lebih karena kolamnya cukup luas. Setelah surut tim mencoba menjerat tapi buayanya masuk ke dalam lumpur. Tim pun terpaksa harus turun ke lumpur untuk menangkapnya,” jelas Saudin.

Setelah berhasil ditangkap, buaya segera dibawa ke Mako Damkar dan Penyelamatan di Jalan Pendidikan. Guna menunggu dievakuasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Timur.

Berdasarkan keterangan warga, buaya yang terlihat hanya satu. Namun tidak menutup kemungkinan ada yang lain, lantaran daerah itu terkoneksi dengan folder Ilham Maulana Sangatta, yang diduga menjadi asal buaya tersebut.

Oleh sebab itu, Saudin mengharapkan peran orang tua dalam menjaga anak-anaknya agar tidak bermain ditepi Sungai, rawa maupun kolam. Dimana, tempat yang ada airnya itu memiliki potensi besar menjadi titik habitat buaya. (nz)

Baca Juga

Back to top button