Pariwara

Peringati Hari Pramuka ke 62, Pemkab Kutim Gelar Apel

upnews.id SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang yang sekaligus Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kutim menjadi pembina apel upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Praja Muda Karana (Pramuka) yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kutim di Lapangan Kantor Bupati Kutim, Selasa (26/09/2023) pagi.

Turut hadir dalam apel yakni Ketua DPRD Kutim Joni, Plt Asisten Administrasi Umum Didi Herdiansyah, Perwakilan Kwarnas Gerakan Pramuka Sigit Muryono, Ketua Kwarda Pramuka Kaltim Fachruddin Djaprie, Ketua Kwarcab Pramuka Kutim Asti Mazar dan Sekretaris Kwarcab Irma Yuwinda, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintahan Kutim dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulisnya, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso yang dibacakan oleh Wabup Kasmidi Bulang mengatakan bahwa Kwarnas Gerakan Pramuka mengusung tema besar pada Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 yaitu “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”.

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta Tanah Air dan semangat bela negara. Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik.

“Kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” tambahnya.

Ia berharap kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di wilayah masing-masing.

“Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terima kasih kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkahnya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter,” ucapnya.

Terakhir, ia berpesan kepada para Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Majelis Pembimbing di semua tingkatan, agar kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka.

“Terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka yang kita cintai bersama,” ucapnya.

Di akhir acara diadakan penyematan tanda penghargaan orang dewasa, penyerahan penghargaan peserta karang pamitran nasional, penyerahan piagam penghargaan peserta Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Korea Selatan, penyematan Pramuka Garuda, pengumuman Kwartir Ranting tergiat, penampilan tari kolosal pra siaga (anak-anak TK), fashion show dan senam semaphore. (adv)

Baca Juga

Back to top button