Diskominfo KutimKutai Timur

Peringatan HUT RI ke 78 di Kutim berlangsung Sukses

Upnews.id, Sangatta – Tepat 17 Agustus 2023 serempak di seluruh wilayah memperingati Hari Kemerdekaan Negara Indonesia. Tidak terkecuali Kabupaten Kutai Timur yang mengelar upacara pengibaran bendara merah putih untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Acara dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati. Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Nampak pula hadir Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekretaris Daerah Rizali Hadi,  Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tamu undangan.

Bupati Ardiansyah Sulaiman menyampaikan, bahwa perayaan tersebut adalah momen yang penting untuk mengingat semangat proklamasi dan semangat kemajuan Indonesia.

“Alhamdulillah kita baru saja melaksanakan upacara detik-detik proklamasi. Diikuti mulai dari sekolah, ASN, TNI Polri, Bea Cukai, Satpol-PP, serta masyarakat yang turut hadir dalam pelaksanaan upacara,” kata Bupati usai upacara.

Ardiansyah menekankan, pentingnya semangat proklamasi dan semangat maju dalam era digital. Ia berharap, semangat Indonesia Maju akan terus berkobar dan menekankan makna yang luar biasa dari generasi muda dalam era digital ini.

“Makna dari upacara tadi adalah mengingat semangat proklamasi yang penting kita kobarkan. Dalam kondisi apapun kita harus semangat, jangan sampai kehilangan semangat, apa lagi temanya adalah ‘Semangat Indonesia Maju”. Karena semua serba digital. Kita harapkan juga semangat dalam membangun era digital ini, era milenium dan era milenial,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengingatkan, untuk tetap menghargai jasa para pahlawan dan meneruskan semangat perjuangan bangsa.

“Yang tak kalah penting adalah membangun, membangun, dan terus membangun,” tutupnya.

Upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih berlangsung lancar dan sukses. Proses diawali dengan Pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Kutim Joni, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara Bupati Ardiansyah Sulaiman. Kemudian pembacaraan doa oleh Kepala Kementerian Agama Kutim Masrawan.

Adapun petugas upacara kali ini. Selaku Komandan Upacara adalah Ajun Komisaris Polisi Isnan Fatah Ma’ruf. Bertindak sebagai perwira upacara Kompol Zainal Arifin, lalu untuk Komandan Kompi Paskibraka Ipda Sukrisno Wijoyo dan sebagai Komandan Peleton Paskibraka Herlandy.

Petugas pembawa bendera pusaka adalah siswa asal SMA Katolik Santo Yoseph Sangatta, Anna  Natasya Deran Nuho didampingi 36 paskibraka serta diiringi pasukan gabungan dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan Kepolisian. (IR/NT)

Baca Juga

Back to top button