Diskominfo KutimKutai Timur

Lomba Masak Ikan, Kecamatan Muara Wahau Raih Juara Umum

Upnews.id, Sangatta – Kecamatan Muara Wahau berhasil meraih juara umum dalam Lomba Masak Ikan yang diadakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Lomba tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan keanekaragaman olahan ikan dan memilih perwakilan kabupaten untuk mengikuti kompetisi serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam lomba ini, peserta diminta untuk menyajikan berbagai jenis menu. Mulai menu keluarga, menu untuk balita, dan menu kudapan.

Ketua TP PKK Kecamatan Muara Wahau, Jaliah Ping Marlianto mengungkapkan rasa bangganya atas kemenangan ini. Ia bersama tim menyajikan hidangan berbahan dasar udang sebagai menu utama. Di menu balita, tim berkreasi dengan menyajikan bubur jagung yang dicampur dengan beras, daun kelor, dan bakso udang.

“Udang dipilih karena memiliki kandungan gizi yang tinggi dan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh,” jelasnya, Senin (21/8/2023).

Jaliah menambahkan, hidangan ini kemudian disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari agar-agar. Kemudian, untuk menu kudapan, tim mempersembahkan hidangan talas dengan tambahan ebi. Tim juga menghadirkan menu keluarga berupa abon yang terbuat dari kepala udang.

“Inovasi ini memastikan bahwa semua bagian udang dimanfaatkan dengan baik, tanpa ada limbah yang terbuang,” ungkapnya.

Jaliah Ping Marlianto juga mengungkapkan, kesiapannya untuk mewakili Kutai Timur di tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Pihaknya telah berkomitmen untuk terus berinovasi dengan menggunakan berbagai jenis ikan sebagai bahan dasar untuk menciptakan hidangan-hidangan yang kreatif dan lezat.

“Semoga kedepannya dapat menghadirkan inovasi baru yang mengangkat nilai-nilai lokal dan potensi perikanan daerah di kompetisi tingkat provinsi,” harapnya.(AN/NT)

Baca Juga

Back to top button