Kutai TimurRagam

Lanal Sangatta Potong 6 Sapi 3 Kambing, Berbagi Dengan Masyarakat Pesisir Hingga Anak-Anak Disabilitas

Upews.id, Sangatta – Pada moment Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah tahun 2021 ini, Lanal Sangatta melaksanakan pemotongan 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing di Mako Lanal, jalan Malahayati Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta- Kutai Timur, Kaltim.

Proses pemotongan yang dilaksanakan pada Rabu (21/07/2021) dari pukul 08.00 -13.00 Wita itu, dipimpin langsung oleh Komandan Lanal sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.Tr.Hanla, M.M., CHRMP yang di dampingi Ketua Cabang 6 Korcab XIII DJA II, Palaksa, Perwira Staf dan seluruh prajurit.

Menurut keterangan Danlanal, berkurban merupakan bentuk kepatuhan dan keikhlasan umat kepada sang khalik, yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail.

” Hari ini ditempat ini kita telah menyaksikan dan melaksanakan serta memperingati kepatuhan nabi Ibrahim terhadap perintah Allah SWT, untuk mengorbankan anaknya disembelih. Kemudian, Allah SWT menggantikan anak Nabi Ibrahim dengan menyembelih yang dipercaya sebagai seekor domba,” tegas Danlanal sebelum prosesi penyembelihan.

“Hal ini sesuai dalam quran surat As Saffat ayat 107, yang artinya : Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Maka sudah seharusnya kita sebagai umat muslim harus bisa meneladani sifat” nabi ibrahim dan Ismail itu,” tambahnya.

Daging kurban selanjutnya dibagikan kepada perwakilan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Darul Mustofa, Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kutai Timur, Kerukunan Bubuhan Banjar dan masyarakat Kenyamukan.

Danlanal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perusahaan diwilayah Kerja Lanal Sangatta, atas sumbangsih hewan kurban tahun ini. Dan harapannya, kerjasama dalam hal kebaikan semacam ini dapat terus dilanjutkan.

Dipilihnya H+1 Hari Raya Idul Adha untuk pemotongan hewan kurban, demi mencegah terjadinya kerumunan masyarakat dimasa pandemi Covid-19. Disamping itu, demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, pihaknya tidak menyediakan kupon. Melainkan perwakilan masyarakat yang diminta untuk membagikan dari rumah ke rumah.(nz)

Baca Juga

Back to top button