Diskominfo Kukar

Kolaborasi dengan Perusahaan, Stunting di Kecamatan Marangkayu Kukar Turun

upnews.id TENGGARONG- Berkolaborasi turunkan stunting dengan perusahaan, Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) berhasil turunkan angka stunting.

Persoalan stunting memang menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yang wajib untuk diselesaikan.

Untuk itu, Pemkab Kukar rasa perlu melibatkan perusahaan sekitar untuk membantu menyelesaikan permasalahan ini.

Di Pemerintah Kecamatan Marangkayu, juga telah berkolaborasi dengan perusahaan yang beroperasi di wilayahnya.

Beberapa perusahaan tersebut antara lain PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dan PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS).

Camat Marangkayu, Ambo Dalle pada hari Jum’at (13/10/2023) mengklaim bahwa kasus stunting di wilayahnya telah mengalami penurunan berkat kolaborasi dengan perusahaan tersebut.

Kedua perusahaan itu dinilai memiliki program yang positif seperti melakukan pembagian makanan atau asupan bergizi bagi masyarakat.

Ia mengakui bahwa dukungan dari berbagai pihak, termasuk dunia usaha dan sektor swasta, seperti perusahaan minyak dan gas (migas) yang berinvestasi di Kecamatan Marangkayu, berdampak pada penurunan stunting.

Dukungan yang diberikan mencakup upaya pemenuhan gizi masyarakat Marangkayu, terutama di wilayah operasi mereka setiap bulan.

Misalnya, PHKT memberikan makanan, seperti telur dan gizi lainnya secara langsung kepada warga. Bantuan tersebut dikumpulkan terlebih dahulu di kantor kecamatan dan dibawa langsung ke sekolah-sekolah.

Upaya ini terus dilakukan secara rutin oleh perusahaan migas tersebut sesuai arahan Bupati Kukar, Edi Damansyah, untuk menurunkan angka stunting di wilayah tersebut.

Pengendalian kemiskinan ekstrem juga menjadi perhatian dengan melakukan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Serta berkoordinasi untuk menurunkan angka kemiskinan.

“Jangan sampai ada masyarakat yang mampu tapi masih masuk data DTKS,” ucapnya (adv)

 

Baca Juga

Back to top button