Diskominfo Kukar

Disbun Kukar Punya Program Untuk Kurangi Bibit Palsu Kelapa Sawit di Kukar

 

upnews.id TENGGARONG- Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara (Disbun Kukar), punya program untuk membantu mengurangi penggunaan bibit palsu atau non unggulan di kalangan petani di Kukar.

Program ini adalah penerbitan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB). Dengan diluncurkannya program Ini, diharapkan bisa membantu meningkatkan mutu tandan buah sawit hasil perkebunan.

Melalui program Disbun Kukar ini, lahan perkebunan milik masyarakat juga akan didata. Kemudian, mereka akan mendapatkan kepastian Hak Pengelolaan Lahan (HPL).

Di dalamnya akan tertera keterangan terkait kepemilikan lahan, luasnya, hingga asal-usul benih yang ditanam oleh para pekebun sawit.

Ditemui Kamis (2/11/2023) Sekretaris Disbun Kukar, Taufik Rahmani, mengatakan penerbitan STDB ini, akan menjadi bukti bahwa lahan kebun milik masyarakat telah tersertifikasi.

Manfaatnya adalah memudahkan para pekebun menjual hasil panen mereka dan membuktikan bahwa lahan yang mereka garap menggunakan bibit unggul yang tersertifikasi.

“Selain itu, dengan sertifikat ini, mereka dapat menjadi mitra tetap bagi perusahaan-perusahaan di sekitar wilayah (kebun) mereka,” katanya.

Kemudian, diketahui bahwa sepanjang tahun ini, Disbun Kukar menargetkan ada sebanyak 200 pekebun yang disertifikasi dan diterbitkan STDB-nya.

Saat ini, program yang dibiayai oleh APBD Kukar tersebut terus berjalan, dan bahkan dilaporkan melewati target yang dicanangkan. Salah satu daerah dengan jumlah kebun tersertifikasi terbanyak adalah Desa Muai, Kecamatan Kembang Janggut, yang mencapai 352 sertifikasi.

Ia menambahkan bahwa, pendataan pekebun sawit dan pemberian STDB lebih difokuskan pada pemilik kebun rakyat.

Dan di tahun ini, sasaran kebun yang menerima sertifikasi di Kukar, berfokus di empat kecamatan yang menjadi sentra sawit, antara lain Kecamatan Muara Kaman, Kenohan, Kembang Janggut, dan Tabang. (adv)

Baca Juga

Back to top button