Diskominfo Kukar

Agenda Festival Laut Pesisir Nusantara di Samboja Sudah Masuk di Jadwal Pemkab Kukar

upnews.id Tenggarong- Agenda Festival Pesta Laut Pesisir Nusantara di Kecamatan Samboja kembali siap dilaksanakan pada 19-21 Mei 2023.

Tradisi leluhur ini akan dilakukan oleh nelayan di Kecamatan Samboja sebagai bentuk ungkapan syukur atas karunia hasil kekayaan laut yang telah warga nelayan nikmati selama ini.

Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pariwisata (Dispar) dan Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) yang akan menyelenggarakan Pesta Laut Nelayan di zona pesisir.

Menurut Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, tradisi warga pesisir ini sudah masuk ke dalam agenda pemerintah kabupaten, di kalender event tahunan Kukar.

“Ada lima kegiatan serupa yang sudah diagendakan, pertama sudah dilaksanakan Sebulu Festival yang akan digelar dua pekan, dan selanjutnya di Samboja ada pesta laut pesisir nusantara,” ujarnya, Sabtu (13/5/2023).

Ia sedikit bercerita, pada tahun 2018 lalu, dirinya sempat mengomando pesta tradisi ini, tepat sebelum mengemban tugas sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di tahun 2019.

“Dulu saya pernah menjadi ketua panitia waktu 2018 sebelum saya menjdi DPRD Kukar. Itu sudah pernah dilaksanakan dan itu merupakan agenda rutin,” tuturnya.

Menurut Rendi, Pesta Laut Nelayan ini pasti akan tetap dilaksanakan oleh kelompok nelayan yang ada di pesisir Kukar.

Sebab, pesta laut serupa juga pasti digelar di kecamatan lain, seperti Muara Badak, Muara Jawa atau Sangasanga.

Ritual ini penting untuk digelar karena merupakan kepercayaan turun-temurun yang dianut masyarakat setempat.

Apabila tidak dilaksanakan, lanjut Rendi Solihin, mereka meyakini akan ada banyak hal tidak diinginkan yang bisa terjadi.

“Kalau ini tidak dilaksanakan banyak hal yang bisa terjadi yang tidak diinginkan oleh masyarakat nelayan kita,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button