Diskominfo Kaltim

Kaltim Diusulkan Dapat Tanda Kehormatan, Tim Verifikasi Kunjungi Kawasan Perkebunan di PPU

Upnews.id, SEPAKU – Tim Verifikasi Lapangan Sekretariat Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara RI (Setmilpres Kemensesneg) dan Kementerian Pertanian RI mengunjungi Kelurahan Sepan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Tim tersebut fokus menilai perluasan areal perkebunan rakyat kelapa sawit di wilayah Kelurahan Sepan dalam rangka peninjauan verifikasi dan peninjauan lapangan terkait usulan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya dari Kementerian Pertanian RI atas nama Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor dalam penyelenggaraan Penas Petani Nelayan XVI 2023.

Perluasan ini merupakan salah satu program Gubernur Isran Noor yang diimplementasikan Dinas Perkebunan Kaltim dalam rangka mendukung pembangunan perkebunan berkelanjutan.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ahmad Muzakkir mengungkapkan pendekatan pengembangan perkebunan rakyat dilakukan melalui pengembangan wilayah perkebunan berdasarkan kawasan komoditi unggulan setempat dengan memperhatikan semua aspek teknis, sosial, ekonomis dan lingkungan.

Dengan tujuan menambah baku lahan dan produksi kelapa sawit, menambah luas areal kawasan perekebunan kelapa sawit dan memanfaatkan lahan yang sementara tidak diusahakan.

“Untuk di Kelurahan Sepan, pada 2022 Dinas Perkebunan telah melakukan penambahan luas areal perkebunan kelapa sawit hingga 30 hektare yang dikelola oleh kelompok tani Nikai Mandiri beranggotakan 30 orang dan memberikan bantuan berupa benih sebanyak 3.900 batang, pupuk 3.000 kg dan herbisida 150 liter,” kata Ahmad Muzakkir.

Dengan bantuan tersebut diharapkan partisipasi masyarakat semakin meningkat dalam pengelolaan sumber daya lahan untuk usaha tani perkebunan.

Produktivitas tanaman semakin meningkat yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani dalam satuan kawasan perkebunan rakyat berskala ekonomi dengan pembinaan secara menyeluruh, mulai dari hulu sampai hilir.

Pada kesempatan ini, Tim Verifikasi Lapangan Setmilpres dan Kementan RI kembali melakukan dialog dengan anggota kelompok tani untuk mendapatkan jawaban langsung di lapangan terkait hal-hal yang diperlukan untuk penilaian.

Gubernur Isran Noor beserta perangkat daerah terkait masih mendampingi peninjauan lapangan Tim Verifikasi Lapangan Setmilpres dan Kementan RI yang dipimpin Brigjen TNI Heri Purwanto selaku Kepala Biro Personel TNI dan Polri Setwilpres didampingi Kolonel Caj Sandy (Kepala Bagian Penganugerahan, Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan), serta Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian RI Zulkifli. (adv/diskominfo kaltim)

Baca Juga

Back to top button