Diskominfo Kaltim

Sesuai Kemampuan dan Anggaran, Wagub Kaltim Pastikan Pemprov Membantu Masjid

Upnews.id, SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menyebut masjid berguna untuk membantu orang banyak dan kemaslahatan umat, termasuk pembentukan mental spiritual umat.

Oleh karenanya, keberadaan masjid-masjid tidak hanya untuk tempat beribadah, tetapi juga kegiatan lain seperti sosial kemasyarakatan.

Hal itu diungkapkan saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kaltim di Gedung Olah Bebaya, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim.

“Sehingga masjid makin dicintai dan dekat di hati umat,” kata Hadi, Jumat (12/5/2023).

Diakuinya, Pemerintah Provinsi Kaltim senantiasa berupaya membantu masjid, tanpa ada pembedaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan anggaran.

Namun baginya, tidak kalah penting bagaimana jajaran DMI di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota lebih kreatif dan inovatif.

Terutama mendorong para pengelola masjid agar tempat ibadah umat Islam ini mampu memberi multiplier effect bagi perubahan sikap dan mental generasi bangsa, sehingga tidak terhenti pada kegiatan rutin ibadah semata.

“Kalau anggapan selama ini bagaimana memakmurkan masjid, kenapa tidak dikembangkan masjid mampu memakmurkan umat, kenapa tidak,” ungkapnya.

Karenanya, dituntut kolaborasi dan sinergi DMI dengan program-program pemerintah, selain mengarah pada kemaslahatan umat juga pemberdayaan umat.

Dia pun berharap rumah-rumah ibadah, khususnya masjid di Benua Etam dapat diperankan secara maksimal dengan baik dan tidak melanggar tata aturan pemerintah bahkan agama.

“Semoga kolaborasi DMI dan Pemerintah semakin menjadikan umat beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” harapnya. (adv/diskominfo kaltim)

Baca Juga

Back to top button