Kaltim

 Makmur HAPK membuka Acara Sarasehan Pendiri Perintis dan Silaturahim Dai Hidayatullah ke-8.

Upnews.Id, Berau – Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK resmi membuka Acara Sarasehan Pendiri Perintis dan Silaturahim Dai Hidayatullah ke-8, pada Rabu (25/5/2022).

Acara pembukaan ini diadakan di Masjid Jabal Al-Nur, Pesantren Al-Ihsan Hidayatullah Berau, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Mari kita bersama-sama buka (sarasehan ini) dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim,” ujar Makmur di depan ratusan hadirin di masjid yang sedang dalam tersebut.

Dalam sambutannya sebelum membuka acara itu, Ketua DPRD Kaltim memuji kiprah pesantren dan dai-dai Hidayatullah selama ini.

“Mereka (berdakwah) tanpa pamrih. Saya tak pernah mendengar keluhan dari para ustadz-ustadzah (Hidayatullah),” ujar Bupati Berau masa jabatan 15 September 2005 – 15 September 2015 ini.

Itulah Semangat, pesan Makmur, yang harus terus dijaga oleh para dai Hidayatullah saat ini. “Kita harapan peran para dai, agar perjuangan ini jangan sampai luntur. Saya tidak memperbaiki yang lain. Harapan saya Hidayatullah harus jadi bagaimana cara menyebarkan agama,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima awak media.

Ia berharap lewat sarasehan itu Hidayatullah terus mempertahankan semangat para pendiri dan perintis Hidayatullah yang telah selamat selama ini.

Sementara itu, Bupati Berau saat ini, Sri Juniarsih, turut mengapresiasi Hidayatullah. Ia mengatakan, peran pondok pesantren sejak dulu hingga kini tak pernah diragukan dalam membangunkan seseorang dan ketakwaan.

Ia pun bangga dengan kehadiran Pesantren Al-Ihsan Hidayatullah di Berau selama ini.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Al-Ihsan (Hidayatullah) Berau tulus memajukan pesantren,” ujarnya, sejalan dengan Misi Pemkab Berau “Cerdas, Sejahtera, dan Berbudi Luhur.”

“Semoga Pesantren Hidayatullah selalu dapat kesan yang baik dalam pembangunan menuju Berau yang baik,” kata bupati melalui sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Pemkab Berau Muhammad Ghazali.

Hadir dalam acara pembukaan sarasehan ini Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad, Pendiri Hidayatullah Ustadz Muhammad Hasyim HS, Wakapolres Berau Kompol Ramadhanil, para pembimbing Hidayatullah, Ketua Yayasan Hidayatullah Berau Adri Al-Amin, para pengurus, kader, dai, dan jamaah Hidayatullah dari pusat hingga daerah.

Sarasehan Pendiri Perintis dan Silaturahim Dai Hidayatullah ke-8 digelar pada 20-24 Syawal 1443H (21-25 Mei 2022) bertema “Menggali Pemikiran dan Kiprah Abdullah Said”.(Tsn/ADV/Kominfokaltim)

Baca Juga

Back to top button