Disdikbud Kaltim

Sambut IKN, Disdikbud Kaltim Inginkan Pengembangan Model Pembelajaran SMK

upnews.id Samarinda – Untuk menggali potensi siswa SMK yang ada di Kalimantan Timur, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim tengah fokus mengembangkan model pembelajaran yang cocok untuk vokasi.

Nantinya, model pembelajaran tersebut akan disesuaikan dengan kejuruan di masing-masing SMK. Kabid SMK Disdikbud Kaltim, Surasa mengaku akan melanjutkan hal tersebut dengan mengundang jajaran kepala sekolah.

“Beberapa hari lalu saya sempat melakukan kunjungan di SMK 9 Samarinda. Di sana saya melihat ada potensi siswa-siswi yang bisa dikembangkan,” jelas Surasa.

Kata dia, Disdikbud menginginkan kolaborasi dengan beberapa sekolah, untuk kemudian muncul satu produk SMK tertentu yang siap dari segi penyambutan IKN ke depannya.

“Semoga tahun depan sudah ada satu SMK yang bisa dijadikan role model di Kaltim, khususnya di kota Samarinda dulu,” katanya.

“Tidak menutup kemungkinan akan ada SMK lain sebagai penopang sehingga menjadi paket yang sangat baik dan edukasinya dapat, dan tidak lepas dari koridor pendidikan vokasi,” sambungnya.

Kendati demikian, sejauh ini role model masih memiliki keterbatasan referensi Disdikbud Kaltim, sehingga menjadi kesulitan tersendiri dalam menemukan praktek tersebut di daerah lain.

“Kalau tingkat perguruan tinggi kemungkinan sudah ada. Tapi di tingkat vokasi menengah belum kami temukan,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Surasa, Diskdikbud Kaltim telah merencanakan untuk berkunjung ke setiap SMK di Samarinda dalam waktu dekat ini, serta melihat potensi pada setiap SMK yang ada. (adv/disdikbud kaltim)

Baca Juga

Back to top button