Samarinda

Ini Pesan Wagub Kaltim di Rakorda Baznas se Kaltim.

upnews BALIKPAPAN – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berpindah ke Kalimantan Timur sesuai Undang-Undang IKN yang disahkan DPR RI pada 18 Januari lalu.

Berdampak pada berpindahnya berbagai lembaga pemerintah pusat yang selama ini terkonsentrasi di DKI Jakarta akan bergeser ke Benua Etam, tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Tidak terkecuali Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia, sebagai lembaga resmi pemerintah akan ikut berpindah ke kawasan IKN Nusantara.

“Kami punya harapan besar ketika berkantor di IKN Nusantara, Baznas RI berperan aktif dan penting membangun Kaltim dan Indonesia,” ungkap Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas se-Kaltim Tahun 2022 di Aula Jabal Nur Komplek Asrama Haji Batakan, Balikpapan, beberapa waktu lalu.

Harapan besar ini menurut Wagub, sangat relevan dengan kondisi dan potensi daerah, termasuk jumlah muzaki di Kaltim jika terkumpul, dikelola serta disalurkan secara baik dan benar.

Bagaimana tidak, ujarnya, sebab disebutkan orang nomor dua Benua Etam ini bahwa tidak kurang 30 perusahaan pemegang kontrak karya Perjanjian Karya Perusahaan Pertambangan Batu Bara saat ini terdapat di Kaltim.

“Itu pun belum termasuk perusahaan tambang izin usaha yang skala kecil dan sedang. Kalau ditotal banyak dan sangat besar potensinya,” ungkap Hadi Mulyadi di hadapan Ketua Baznas RI Profesor KH Noor Achmad dan Wakil Ketua Muhamad Nadratuzzaman Hosen, serta pimpinan Baznas RI, Baznas Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Selain perusahaan tambang batu bara, tambahnya, banyak perusahaan di sektor lain juga BUMN dan BUMD.

Potensi-potensi besar inilah, ujar mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini menjadi peluang yang bisa dikelola dan digali secara optimal atas dukungan dan strategi Baznas RI ketika sudah berkantor di Kaltim.

“Selama ini kan kami, kita semua yakin Baznas provinsi bersama kabupaten dan kota sudah optimal, tapi akan lebih maksimal lagi dengan adanya Baznas RI di daerah nantinya,” bebernya.

Visi misi nasional Baznas menjadi lembaga utama menyejahterakan umat, ungkap suami Hj Erni Makmur ini, kelak akan benar-benar terwujud berkat dorongan dan binaan langsung Baznas RI di Kaltim.

“Tolong Pak Ketua (Ketua Baznas RI) sampaikan rasa syukur dan bangga kami kepada Bapak Presiden sebab mempercayakan IKN di Kaltim. Tapi, kami sangat bersyukur dan lebih bangga lagi jika Baznas RI sudah berkantor di IKN Nusantara membina kami di sini,” pungkas Hadi. (adv)

Baca Juga

Back to top button