Kaltim

Kejati Bersama Disdikbud Kaltim Gelar Duta Pelajar Sadar Hukum Se-Kukar

Upnews.Id, Kukar – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim bersam Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim sukses menggelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Selasa (12/7/2022) pukul 09.00 Wita.

Dihelat di Aula lantai 2 Hotel Grand Elty Tenggarong ini, diikuti puluhan pelajar yang siap berkontestasi pada ajang Duta Pelajar Sadar Hukum tahun 2022.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kajati Kaltim, Deden Riki Hayatul Firman diwakilkan Asisten Bidang Intelijen Kejati Kaltim, Muhammad Sumartono didampingi Kejari Kukar, Kasimin.

Hadir pula Kadisdik Kaltim, Anwar Sanusi diwakilkan oleh Sekretaris Disdikbud Kaltim, Sofia Rahmi.

Sekretaris Disdikbud Kaltim, Sofiah Rahmi mengatakan, nantinya yang terpilih atau juara 1,2 dan 3 Duta Pelajar Sadar Hukum khususnya di tingkat provinsi akan mendapatkan beasiswa untuk kuliah.

“Nanti ketika dia sudah berhasil peringkat 1,2,3 provinsi maka dia bisa melanjutkan kuliah dan akan kita biayai gratis sampai seelsai,” ujarnya

Bahkan kata dia, tidak lagi harus ikut seleksi asalkan mengambil jurusan hukum. Bahkan usulan dari Kejati Kaltim termasuk para finalis khususnya yang tidak mampu juga mendapatkan beasiswa untuk kuliah.

“Kalau anak-anak duta pelajar ini juara 1,2,3 asal mengambil hukum dia tidak usah seleksi otomatis dia langsung mendapat beasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Intelijen Kejati Kaltim, Muhammad Sumartono menambahkan, penanaman sadar hukum harus dapat di edukasikan sedini mungkin. Hal tersebut dilakukan, agar menghindarkan para pelajar dari bahayanya narkoba dan tindak kriminal lainnya.

“Tujuan utamanya adalah para siswa/i ini kedepannya sudah mengerti akan hukum. Mengenal sejak dini tentang hukum dan mengetahui mana perbuatan yang melanggar tentang hukum,” kata Asisten Bidang Intelijen Kejati Kaltim, Muhammad Sumartono usai kegiatan.

Pemilihan duta pelajar sadar hukum ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Provinsi Kaltim. Yang memang sangat diharapkan kegiatan tersebut bisa terus berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya.

Sekaligus bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan tentang hukum. Serta bisa mengimplementasikan ke lingkungan sekolah, masyarakat dan keluarga.

“Para duta pelajar ini diharapkan juga  bisa mengimplementasikan dan menyebarluaskan pengetahuan mengenai hukum dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga pelajar maupun masyarakat bisa mengenali hukumnya untuk menjauhi hukumannya,” tambahnya.

Adapun untuk 3 perwakilan yang mendapat posisi teratas ini nantinya juga akan dibantu dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kukar. Agar bisa mempersiapkan diri dalam ajang yang sama atau grand final bersama perwakilan dari kabupaten/kota lain di Kaltim.

Yang rencananya akan diselenggarakan di kota Samarinda atau Balikpapan pada akhir bulan Oktober atau awal bulan November mendatang. Sembari melihat perkembangan kondisi pandemi yang masih dialami sekarang.

“Di tingkat Provinsi nanti, peringkat 1,2 dan 3 akan berkesempatan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di universitas. Namun dengan universitas yang sudah terakreditasi A dan juga jalurnya di bidang hukum. Selain itu juga akan mendapatkan piagam penghargaan, piala serta uang pembinaan,” pungkasnya. (Tsn/ADV/Kominfokaltim)

Baca Juga

Back to top button