Diskominfo KutimKutai Timur

Bupati Kutim Buka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka

Upnews.id, Sangatta – Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman membuka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang digelar Universitas Terbuka (UT) Samarinda. Acara turut dihadiri Ketua DPRD Joni, Anggota Komisi D Ramadhani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim Mulyono dan Direktur UPBJJ-UT Kaltim Rusna Ristasa.

Sebanyak 696 Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Terbuka (UT) mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan PKBJJ. Di laksanakan di Ruang Meranti, Kantor Bupati, Sangatta Utara, Sabtu ( 26/08/2023).

Baca Juga : Mahasiswa S1 PIN Unmul Lakukan OJT di Dua Kecamatan Kutim

Bupati Ardiansyah Sulaiman menyampaikan, bahwa minta orang meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak ada habisnya. Termasuk meningkatkan mutu pendidikan pribadinya. Hal itu terbukti dengan jumlah mahasiswa asal kutim yang mencapai ratusan mendaftar di UT.

“Itu artinya, UT merupakan salah satu pilihan yang utama bagi masyarakat dalam rangka untuk menempuh pendidikan strata 1,2 dan 3,” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan informasi dari direktur bahwa banyak kemudahan dalam menempuh pendidikan di universitas tersebut. Yakni mahasiswa belajar bisa sambil bekerja, berkebun, dan rutinitas lainnya asal tetap mematuhi etika pembelajaran. Ia berpesan kepada seluruh mahasiswa khususnya kutim agar tetap menjaga etika dalam proses belajar meski melalui virtual (jarak jauh).

“Manfaatkan IT dengan baik dan Jaga etika belajar,” pintanya.

Di kesempatan yang sama, Direktur UPBJJ-UT Kaltim Rusna Ristasa melaporkan, bahwa Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sebagaimana dirumuskan Tim Perintis Pendirian UT adalah memberikan kesempatan kepada para lulusan SLTA yang belum atau yang sudah bekerja, untuk mengikuti pelajaran pada tingkat pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. Tercatat mahasiswa baru UT asal Kutim berjumlah 696 peserta.

Baca Juga : Kutim Terima Mahasiswa KKN dari UGM dan UNMUL

“Untuk sementara yang sudah pasti mahasiswa berjumlah 696 siswa. Namun pendaftaran saat ini masih berlangsung hingga 31 Agustus 2023,”ujarnya.

Dirinya juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) yang telah memfasilitasi agenda OSMB dan PKBJJ. Sebagai informasi, mahasiswa UT yang berdomisili di Kalimantan Timur ( Kaltim ) totalnya 30.804 siswa.

“Ini merupakan bagian kecil saja daripada mahasiswa UT. Kini alumni UT tersebesar di seluruh Indonesia ada 1 juta 180 ribu,” ungkapnya.(Ir/Nt/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button