Kutai Timur

Bupati Kutim Bersama Jajaran Melakukan Kunjungan Langsung ke KEK MBTK

upnews.id Sangatta- Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup Kasmidi Bulang bersama jajaran pejabat lingkup Pemkab Kutim melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK). Kunjungan tersebut bertujuan meninjau langsung lokasi lahan hibah untuk pembangunan pos wilayah kerja KUPP (Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan) kelas III Sangkulirang. Sekaligus pula meninjau titik rencana pembangunan bulking station CPO oleh PT Palma Serasih Internasional (PSI) di KEK MBTK. pada Rabu (2/6/2021).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan, bahwa KEK MBTK diharapkan bisa segera dioperasikan secara optimal dalam waktu dekat. Pasalnya status KEK MBTK sudah termasuk deadline dari Kementerian Keuangan RI, jika tidak segera dioperasikan status akan dicabut dan Kutim tidak memiliki KEK.

“Mudahan-mudahan ditahun ini semua bisa direalisasikan. Dimulai dari pembangunan bulking station CPO oleh PT Palma Serasih,” ujarnya.

Ardiansyah berharap kedepan Kutim bisa memiliki pelabuhan bongkar muat CPO sendiri, yakni melalui daerah KEK MBTK. Kawasan ini pun diharapkan bisa berkembang lebih pesat dan mendongkrak perekonomian di Kaltim, pada khususnya di Kutim.

“Mungkin hari ini hanya satu perusahaan. Tetapi kedepan kita harus bisa mengajak seluruh perusahaan di Kutim untuk membangun bulking station di zona inti dari KEK MBTK ini,” jelas orang nomor satu di Kutim tersebut.

Terkait pembangunan pos wilayah kerja KUPP kelas III Sangkulirang di KEK MBTK , Ardiansyah mengungkapkan ini merupakan wujud sinergitas Pemkab Kutim dengan syahbandar. Dalam pembangunannya pun menggunakan dana dari APBN.

“Kita menghibahkan 1 hektare di KEK MBTK kepada KUPP III Sangkulirang. Mudahan-mudahan semua pekerjaan kita ini menjadikan perkembangan yang lebih bearti,” kata Ardiansyah.

Baca Juga

Back to top button