HeadlineKaltimKutai Timur

Ratusan Peserta Ikuti Penyuluhan Alishter KalTim- KalTara di Kaliorang

upnews.id Sangatta- Aliansi Stewardship Herbisida Terbatas (Alishter) KalTim- KalTara rutin menggelar acara pelatihan herbisida terbatas. beberapa waktu lalu (25/10/2022), Ratusan peserta yang terdiri dari petani, pemilik kios saprodi dan pengguna herbisida di wilayah Kaliorang, Kabupaten Kutim, mendapat pelatihan herbisida terbatas di Balai Serba Guna Kecamatan Kaliorang. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.Turut hadir sekaligus membuka acara tersebut Kepala Dinas Pertanian Kutim Dyah Ratna Ningrum.

Dalam kesempatan tersebut Dyah menyampaikan pelatihan penggunaan herbisida terbatas sangat penting dalam mengaplikasikannya, hal ini untuk menjaga keselamatan pengguna sehingga petani bisa bijaksana dalam menggunakan Pestisida secara umum.

Senada dengan itu Ketua Alishter KalTim- KalTara Abdul Muin SP mengatakan materi pelatihan yang di berikan sangat padat. “Mulai dari peraturan dan perizinan pestisida. Ada juga pembahasan pemahaman label, penyimpanan, pemusnahan limbah pestisida. Serta pencegahan keracunan pestisida dan prosedur pertolongan darurat. Selain itu materi teori dan praktek pemeliharaan, kalibrasi sprayer dan penyemprotan yang aman dan efektif,” Jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan setelah petani mengikuti pelatihan, diharpkan para peserta dapat menerapkan ilmu apa yang sudah didapat. “Nantinya para peserta juga akan diberikan surat keterangan telah mengikuti pelatihan pengguna herbisida terbatas pakai yang diterbitkan dan ditandatangani oleh Kadistan Kutim,” Tandasnya.

Terpisah, perwakilan dari Alishter Pusat Syafrizal berharap, kepada Instansi terkait (Dinas Pertaninan dan Dinas Kesehatan kabupaten/Kota). “kiranya agar bisa bersinergi dengan pihak Alishter untuk memberikan edukasi kepada Petani dalam hal penggunaan pestisida secara benar dan bijaksana,” Harapnya (nz)

Baca Juga

Back to top button