DPRD KutimKutai Timur

Yan : Tips Pemberian Gadget ke Anak

Upnews.id, Sangatta – Sedikit tips agar anak bisa bersahabat dengan gadget. Hal ini disampaik Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim)Yan Ipui. Sarannya agar peran orang tua dalam membina anak dalam penggunaan gadget di kehidupan sehari-hari.

Yan Ipui menyarankan, agar orang tua juga terlibat dalam upaya membatasi anak-anak terhadap penggunaan gadget.

“Tidak hanya anak yang diminta untuk membatasi penggunaan gadget, tetapi orang tua juga harus memberikan contoh terlebih dahulu dalam membatasi penggunaan gadget,” ungkap Politisk dari Partai Gerindra itu, Minggu (30/7/2023).

Menurutnya, jangan sampai membatasi anak untuk bermain gadget tetapi justru disamping anak para orang tua atau orang dewasa tetap bermain gadget.

Sebab, ia menilai, permasalahan yang timbul akibat keseringan bermain gadget tidak hanya timbul dari anak-anak saja, melainkan juga dari orang tua dan orang dewasa.

“Misalnya kita melarang anak kita untuk bermain gadget di jam belajarnya, maka kita pun juga stop bermain handphone, televisi kita matikan, kita fokus mendidik anak kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, orang tua dan seluruh keluarga harus bersama-sama komitmen dalam pemberian batasan terhadap penggunaan gadget khususnya handphone.

“Karena anak itu sifatnya meniru, jadi memang harus komit baik orang tua maupun seluruh keluarga yang ada di dalamnya,” tuturnya. (AN/NT)

Baca Juga

Back to top button