HeadlineKutai TimurPolitik

Tak Dapat Izin, 1.000 Masa Pendukung ABDI Gagal Gelar Aksi Damai

Tim ABDI Tidak Dapat Membendung Simpatisan Yang Tetap Hadir Ke Lokasi Pleno KPU

Upnews.id, Sangatta – Jika sebelumnya Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur dari Jalur Perseorangan, Sayyid Abdal Nanang Al Hasani – Rusmiati (ABDI). Bersama kurang lebih 1.000 orang pendukungnya bakal melakukan aksi damai pada besok Selasa (21/07/2020), di depan Hotel Royal Victoria  Sangatta yang bertepatan digunakan oleh KPU sebagai lokasi Rapat Pleno mengenai Verifikasi Faktual Calon Perseorangan.

Namun rencana itu dipastikan batal lantaran tidak mengantongi izin dari pihak keamanan. Hal itu ditegaskan oleh Hasbullah selaku Ketua Tim Pemenangan Pasangan ABDI. “Maat tadi sewaktu membawa pemberitahuan ke Polres Kutai Timur, Polres tidak bersedia mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dengan alasan terkati situasi Covid-19,” jelas Hasbullah saat dikonfirmasi oleh Upnews.id pada Senin Malam.

Dengan batalnya rencana aksi damai Tim Pemenangan dan simpatisan ABDI, maka pihaknya hanya mengikuti Rapat Pleno Terbuka KPU Kutim mengenai Verifikasi Faktual Calon Perseorangan.

Meski pihaknya menyayangkan, namun tetap menghormati keputusan dari pihak kepolisian. “mungkin disangka bakal menggagalkan Pleno KPU, padahal cuma menggugat kinerja KPU dalam Verfak calon perseorangan,” tambahnya.

Sementara itu Koordinator Tim Pemenangan ABDI Rustam Effendi Lubis menyebut, meski Polres Kutai Timur tidak memberikan izin atas aksi tersebut. Namun pihaknya tidak dapat membendung simpatisan ABDI yang hendak mendatangi lokasi Pleno KPU.

Baca Juga

“Tapi jikalau ada masa yang hadir besok, tentunya kami sendiri tidak bisa membendungnya. Kami pun siap menjaga kondusifitas keamanan dan kedamaian dalam Pilkada Kutim Kedepan,” jelas Lubis.

Seperti diberitakan sebelumnya, rencananya Tim Pemenangan ABDI bakal melakukan aksi damai menggungat pelaksanaan Verifikasi Faktual Bakal Calon Perseorangan pada Pilkada Kutim yang dinilai tidak sesuai dengan prosedur. (nz)

Baca Juga

Back to top button