Kutai TimurRagam

Pekerjaan yang Bakal Dilaksanakan Melalui APBD Perubahan 2022

Upnews.id, Sangatta – Dengan kenaikan anggaran pada APBD Perubahan Kutai Timur tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menargetkan pembiayaan dalam rangka percepatan penyelesaian insfrastruktur dasar.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman usai Rapat Paripurna Ke-34 dengan agenda Penyampaian Nota Penyelasan Pemerintah Mengenai Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD Kutim tahun Anggaran 2022, pada (6/09/2022).

Berikut beberapa poin yang menjadi prioritas Pemkab Kutim yang bakal dilaksanakan pada APBD Perubahan 2022.

  1. Pembiayaan tahun pertama Multy Years Contrack (MYC) dalam rangka percepatan penyelesaian infrastruktur strategis daerah.
    • Pembangunan jalan dan jembatan,
    • Penyelesaian Pelabuhan Kenyamukan,
    • Pembangunan jaringan air bersih perkotaan
    • Penanganan banjir
  2. Pemenuhan program prioritas atau SKPD prioritas
  3. Pelaksanaan kegiatan bantuan keuangan provinsi
  4. Pemenuhan kekurangan belanja TPP PNS dan kekurangan gaji TK2D.
  5. Pemenuhan alokasi belanja gaji dan tambahan penghasilan pegawai (TPP) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hasil dari rekrutmen tahun 2021.
  6. Beberapa faktor penting lainnya yang mengharuskan Pemkab Kutim melakkan pergeseran kegiatan antara perangkat daerah, perubahan alokasi dan atau kelompok sasaran dan penghapusan kegiatan.

Baca Juga : Bupati Sampaikan Garis Besar Rancangan APBD P 2022

“Kagiatan prioritas insfrasuktur yang mendasar, tadi kita gambarkan jalan jembatan dan jalan. Satu sisi jalan dan jembatan ini ada sisa kegiatan tahun lalu yang akan saya tindak lanjuti untuk segera diselesaikan,” sebut Bupati.

Pembangunan jembatan bakal dilaksanakan di Kecamatan Bengalon dan Telen. Sementara jalan di Kecamatan Kaubun dan Sandaran. Selebihnya meningkatkan jalan-jalan yang sudah ada termasuk jalan masuk ke Kecamatan Long Mesangat, maupun jalan di Kecamatan Muara Bengkal baik yang menuju ke 3 desa meneruskan yang sudah ada dengan skema MYC yang dimulai pada APBD P 2022.

Baca Juga : Jika Tak Sanggup Membangun, Apansyah Minta Sandaran Diserahkan Ke Berau

“Untuk persis data-datanya ada di Dinas PU,” jelas Ardiansyah Sulaiman.

Untuk di perkotaan bakal ada penanganan pencegahan banjir, termasuk pengerjaan drainase di jalan APT Pranoto dan jalan Dayung. Selain itu, ada pula pengerjaan peningkatan air bersih. (An/Dr-Adv Kominfo)

Back to top button