Samarinda

Sasar Pelabuhan Kenyamukan, Pemkab Kutim Kolaborasi dengan Pelindo

Upnews, Samarinda-Pemkab Kutai Timur (Kutim) berkolaborasi dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV. Momen itu diikat lewat MOU. Tentang rencana kerja pengembangan dan pemanfaatan Pelabuhan Sangatta di Kenyamukan. Penandatanganan dilakukan di Sungai Pinang Room Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Senin (7/2/2022) malam.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menegaskan dengan adanya Pelindo di dalam program pemanfaatan dan pengembangan Pelabuhan Sangatta di Kenyamukan Kutim. Dampaknya multiplier effect. Mengingat Pelindo mempunyai rekam jejak yang positif sebagai BUMN profesional dalam membangun kinerja operasional pelabuhan.
“Saya yakin MoU ini akan melahirkan kerja sama yang bermanfaat,” Tuturnya.

Bupati menjelaskan, pelabuhan kenyamukan ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan pelabuhan lainnya. Yakni memiliki kontur kedalaman mencapai 9,5 meter. Al hasil mampu menampung kapal besar.

“Saya minta Dishub mengawal sekaligus menindaklanjuti bersama Pelindo untuk memempercepat starting point beroperasinya pelabuhan kenyamukan Kutim,” pintatnya.

Proses penandatangan MOU disaksikan pula Wabup Kutim Kasmidi Bulang, General Manager PT Pelindo IV Jusuf Junus, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim Rizali Hadi, Kabag Kerja Sama Setkab Kutim Ardianto dan beberapa undangan lainny.

General Manajer PT Pelindo IV Jusuf Junus mengungkapkan, kedalaman laut di pelabuhan kenyamukan memang sangat dalam dibandingkan dengan pelabuhan lainnya. Seperti di Bontang kurang dari 6 meter, bahkan di Samarinda 5 meter jika air surut.

“Ini akan menjadi spot vital dalam membangun daerah. Intinya Pelindo berkomitmen dalam operasional pelabuhan di Kutim agar tumbuh,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pelindo berkolaborasi bersama Pemkab Kutim untuk mempercepat beroperasinya Pelabuhan Kenyamukan. Pelindo berharap prospek dapat didukung dengan infrastrukturnya.”

Pelindo siap mendukung pengembangan Pelabuhan Kenyamukan ini. Sebagai wujud BUMN ikut membangun daerah sehingga dapat segera dinikmati masyarakat Kutim,” Sebutnya (NF)

Baca Juga

Back to top button