Samarinda

PAMA ABKL Bantu Alat Praktik di SMK Bhakti Loa Janan

upnews.id Loa Janan – PT Pamapersada Nusantara (PAMA) distrik ABKL kembali melaksanakan program Local Source Development (LSD) di dunia pendidikan sekitar operasionalnya. Ditandai dengan serah terima bantuan alat praktik bagi SMK Bhakti Loa Janan Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (10/6/2023). Dikhususkan untuk Jurusan Teknik Alat Berat (TAB) SMK Bhakti Loa Janan, Jalan Gerbang Dayaku. Kegiatan ini di dukung penuh jajaran manajemen Bapak Sapto Dewo, Bapak Anju Sirait, Bapak Maruli, Bapak Shandi Heru, Bapak Riezky, Bapak Suyanto, Bapak Yohanes Nadapdap serta Bapak Damin.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan “Guru Tamu” atau karyawan mengajar dari PAMA ABKL sebagai dunia industri (dudi). Dengan menerjunkan karyawan IT PAMA yang tersertifikasi memberikan sharing knowladge atau transfer ilmu terkini tentang dunia IT di PAMA ABKL pada siswa kelas IX TAB.

“Program LSD dan Guru Tamu ini rutin kami lakukan pada dunia pendidikan sekitar lokasi perusahaan, terutama berbagai sekolah binaan kami. Ini suatu kebanggan PAMA ABKL bisa menjadi bagian dari peningkatan kualitas SDM di Kaltim, khususnya Kukar,” jelas Head Departement Plant (HDP) PAMA ABKL, Ramses Pasaribu.

Ramses berpesan agar berbagai bantuan alat praktik dari PAMA ABKL itu bisa menjadi media untuk praktik dalam peningkatan kualitas ilmu para siswa Jurusan TAB. Sehingga mereka bisa memiliki kualitas ilmu dan skill atau kemahiran serta ketrampilan dalam mengoperasikan alat praktik sesuai dengan iklim dudi. Hal ini tentunya sesuai dengan harapan perusahaan atau dudi dalam mencari tenaga terampil. Dengan aksi ini PAMA ABKL ikut mendukung program pemerintah dalam menciptakan SDM berkualitas dan unggul serta mengurangi pengangguran.

“Kerjasama guru tamu dari PAMA ABKL yang tersertifikasi kompeten dan pengalaman ini kami membawa misi generasi muda menghadapi era reformasi secara digital. Sehingga siswa bisa memahami dan menjadikan digital sebagai ajang positif untuk peningkatan ilmu secara maksimal,” ujar Ramses didampingi Kabag HCGS, Seprinaldi dan CSR, Ignatius Rinaldi.

Kepala SMK Bhakti Loa Janan, Sugianto mengapresiasi manajemen PAMA ABKL yang sudah memberikan bantuan peralatan praktik dan menjadi guru tamu. Hal ini merupakan aksi dari kerjasama dudi dan lembaga pendidikan. Yakni agar link and match atau keselarasan kurikulum dalam penggalian kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja kedepan.

“Diharapkan program PAMA ABKL ini bisa lebih meningkatkan kompetensi para siswa dan guru pengajar di SMK Bhakti Loa Janan. Karena ilmu yang diberikan merupakan standarisasi dari perusahaan industri. Terimakasih bagi PAMA semoga semua bisa bermanfaat dan memebrikan manfaat positif bagi SDM Kaltim,” ujar Sugianto didampingi Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan (YLP) Bhakti Loa Janan, Nasrudin Zainuddin. (hr)

Baca Juga

Back to top button