Diskominfo KutimKutai Timur

OPS Patuh Mahakam di Kutim di Gelar 2 Minggu

Upnews.id, Sangatta – Pelaksanaan Operasi Patuh Mahakam 2023 akan berlangsung selama dua minggu ke depan hingga Minggu (23/7/2023). Operasi (Ops) Patuh Mahakam 2023 di Kutai Timur (Kutim) mulai dilaksanakan per hari ini Senin, (10/7/2023). Hal ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Mahakam. Digelar Polres Kutim di area halaman Mapolres Kutim Bukit Pelangi mengambil tema “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Kutim Ronni Bonic dan turut dihadiri Seskab Kutim Rizali Hadi mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Ketua DPRD Kutim Joni jajaran Forkompimda dan sejumlah undangan.

Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic mengatakan jika Ops Patuh Mahakam 2023 bersifat preemtif, preventif, dan represif atau penindakan hukum sesuai dengan amanat dari Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan Polres Kutai Timur

“Apel gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas,” tegasnya.

Ia menambahkan yang menjadi target operasi ini adalah masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum ataupun pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Adapun prioritas penindakan pelanggaran dalam Ops Patuh Mahakam 2023 di Kutim, di antaranya menggunakan ponsel saat berkendara, memberikan izin berkendara untuk anak di bawah umur, bagi sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, tidak menggunakan helm SNI bagi sepeda motor, tidak menggunakan safety belt bagi mobil, berkendara dalam keadaan mabuk, berkendara melawan arus dan dilarang membawa kendaraan yang Over Dimensi dan Over Loading (ODOL).

“Kepada seluruh petugas yang di lapangan laksanakan tugas dengan profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan melalui penerapan buddy sistem dan mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” terangnya.

Baca Juga : Polres Kutim Serahkan Bayi Orang Utan ke BKSDA Kaltim

Seskab Kutim Rizali Hadi mengutarakan, Pemkab Kutim dalam hal ini terus mendukung kegiatan yang dilaksanakan ini. Rizali mengucapkan terima kasih kepada Polres Kutim yang telah membantu Pemkab Kutim hingga kini sinergitas terus berjalan baik.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terkhusus masyarakat Kabupaten Kutim pengguna jalan, karena dapat mencegah pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas, saya mengajak seluruh masyarakat Kutim dapat mematuhi imbauan yang diberikan Polres Kutim,” pintanya.(NT/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button