Kutai TimurNasionalRagam

Naiki KRI Banda Aceh, Pelajar Kutim Ikut Pelayaran Lingkar Nusantara Sail Teluk Cenderawasih

Upnews.id, Sangatta – Delapan pelajar Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Kota Bontang, bakal mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) XI dan Bakti Sosial Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC-2023).

Ke delapan pelajar anggota Pramuka Saka Bahari itu berasal dari SMAK Santo Yoseph, SMAN 1 Sangkulirang, SMAN Bengalon, SMAN 1 Manubar, dan SMKN 2 Bontang.

Baca Juga : Pemkab Kutim Apresiasi KBBS TNI Al Beri Bantuan Sosial Kepada Warga KBN Rawa Gabus

Pelantara XI dan Sail Teluk Cendrawasih merupakan garapan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Saka Bahari besama TNI Angkatan Laut (TNI AL). Sebagai salah satu model pembinaan dan pembentukan National Character Building generasi muda bangsa, sebagai calon pemimpin masa depan.

Pelajar Kutim dan Bontang itu didampingi oleh seorang pembina, dan nantinya bergabung dengan 380 peserta lain dari 34 daerah di Indonesia.

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar SE., M. Tr.Opsla, meminta agar peserta Pelantara Sail Cendrawasih XI mengikuti kegiatan dengan penuh tanggung jawab. Mengingat dalam kegiatan yang dilaksanakan di Biak, Papua tersebut banyak sekali agenda yang dapat menjadi pelajaran dan pengalaman yang baik bagi para peserta.

“Ikuti kegiatan dengan baik, harumkan nama Lanal Sangatta, sekolah dan kabupaten. Dewan pembina saya harap dapat membimbing peserta sehingga kegiatan tersebut dapat menjadi ajang bagi mereka untuk mendapatkan pembelajaran yang bermanfaat,” harap Danlanal saat berikan amanat, Jum’at (10/11/2023).

Danlanal juga berpesan agar para peserta mengutamakan kesehatan, disiplin mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Sehingga dapat membawa nama baik Lanal Sangatta dan sekolah masing masing di event nasional yang dilaksanakan guna mengenalkan potensi bahari dan maritim tersebut.

Baca Juga : Lanal Sangatta dan Kodim 0909/KTM Gelar Upacara HUT ke-78 TNI

Secara resmi Pelantara XI dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melalui Asops Kasal Laksda TNI Denih Hendrata, di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (09/11/2023). Guna mensukseskan kegiatan itu, Satgas Pelantara XI dan STC 2023 memberangkatkan KRI Banda Aceh-593.

Nantinya KRI Banda Aceh-593 bakal berlayar rute Jakarta – Makassar – Sorong – Biak dengan jarak tempuh 2.030 Nm dalam waktu 11 hari. Selama pelayaran akan diberikan materi kebaharian dan melaksanakan latihan terpadu yang terkait dengan Pramuka Saka Bahari. Puncak kegiatan nantinya dilaksanakan di Biak, Papua pada 23 November 2023. (*/An/Dr)

Baca Juga

Back to top button