Kutai Timur

Distan Kutim Bantu Lanal Sangatta Jaga Ketahanan Pangan Melalui Budidaya Porang

Upnews.id, Sangatta – Pandemi Covid-19 telah membawa dampak keterpurukan bagi segala sektor termasuk ekonomi, Namun pandemi Covid-19 bisa menjadi pembangkit pula untuk mengembangkan sektor ekonomi.

Satu dari sekian upaya yang dilakukan oleh Prajurit Lanal Sangatta, dalam menjaga ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19 yakni dengan budidaya tanaman porong.

Upaya itu langsung dipimpin oleh Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T.,M.Tr. Hanla., M.M., CHRMP. yang didampingi oleh Ketua cabang 6 Korcab XIII DJA II Ny. Gema I Komang Nurhadi beserta perwira pada Selasa (16/11/2021).

Sebagai tahap awal, penanaman porang dilakukan di area lapangan tembak Usman Harun yang terletak di Mako Lanal Sangatta. Jalan Malahayati Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Ardiansyah Terus Genjod Peningkatan SDM Petani.

“Melakukan budidaya porang sebagai bagian dari menjaga ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19. Kegiatan yang digelar merupakan langkah awal untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem sebagai upaya pemulihan konservasi alam,” tegas Danlanal

Dengan terselenggaranya kegiatan penanaman porang tersebut, Danlanal berharap pada masanya nanti akan mampu untuk turut membantu menjaga lingkungan alam, serta mendukung perkembangan ekonomi masyarakat Sangatta.

“Melihat cara penanaman sekaligus kondisi tanah yang cocok untuk tanaman porang, maka saya berinisiatif menanam tanaman porang ini, disamping harga yang lumayan bagus juga perawatannya sangatlah mudah,” imbuhnya.

Lanal Sangatta Laksanakan Jemput Bola Vaksinasi ke Sekolah

Upayanya menggerakkan budidaya porang ini mengundang perhatian dari Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Dengan kehadiran perwakilan Kadistan, Jubaedah selaku Kasi Produksi dan Perlindungan Tanaman. Serta didampingi oleh kasi Pengelolaan Lahan dan Air, Firman Firdaus Dan PPL Samsinar.

Pihaknya menjelaskan jika budidaya porang sangat penting dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Sangatta apabila masyarakat tahu peluang yang sangat bagus itu.

Dinas Pertanian Kutai Timur Melakukan Pendampingan (Foto : Lanal Sangatta)

“Kami sangat mengapresiasi Lanal Sangatta seagai inisiator penanaman Porang di Mako Lanal Sangatta, dengan membuka lahan yang tadinya tertutup kini sudah terbuka dan bisa ditanami,” jelasnya.

Diketahui, selain di Mako Lanal Sangatta, gerakan menanam porong juga dilakukan disetiap rumah yang ada di Kompleks Perumahan Dewa Ruci. Baik yang berada di pekarangan rumah. maupun dengan media tanam polibek untuk pembibitan. (Rom)

Baca Juga

Back to top button