DPRD Kutim

Kendala PLN Padam di Bukit Pelangi Paripurna Molor

upnews.id SANGATTA – Agenda rapat paripurna DPRD Kutim yang dijadwalkan Senin (17/7/2023) pukul 10.00 Wita, sempat molor beberapa jam hingga pukul 13.30 baru bisa dilaksanakan. Hal itu disebabkan, lantaran listrik di kawasan Bukit Pelangi padam, termasuk di Gedung DPRD sedang ada pemadaman.

Ketua DPRD H Joni memimpin paripurna tersebut, didampingi Wakil Ketua 1 Asti Mazar, sedangkan dari Pemerintah diwakili Wakil Bupati Kasmidi Bulang. Hadir pada kesempatan itu unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah undangan lainnya serta 21 anggota DPRD.

Sedangkan agenda paripurna tersebut adalah, penyampaian pemandangan umu fraksi-fraksi DPRD, terkait Nota Penjelasan Pemerintah Mengenai Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 Kutim.

Pada kesempatan itu, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, sebelumnya, Bupati Kutai Timur telah menyampaikan nota penjelasan pemerintah mengenai rancangan KUA dan rancangan PPAS tahun anggaran 2024 pada tanggal 11 Juli lalu. Sehingga paripurna ini sebagai tindaklanjutnya dan fraksi-fraksi menyampaikan pemandangan umumnya.

Dijelaskan, Joni rancangan KUA PPAS merupakan salah satu instrumen penyusunan APBD yang disepakati dengan Pemkab. Rancangan itu sekaligus membuat kebijakan pendapatan belanja, pembiayaan dan asumsi untuk satu tahun anggaran.

Menurut Joni, nota penjelasan yang disampaikan sebelumnya, bahwa pada tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) mengusung tajuk penguatan struktur ekonomi guna mendukung perekonomian daerah.

“Guna mencapai tujuan tersebut tentunya mempertimbangkan antara sasaran, program, dan kegiatan, yang dilakukan OPD.  Keselarasan kegiatan merupakan harapan kita semua, sasaran yang efektif, efesien, dan langsung bersentuhan dengan masyarakat,” ujar Joni. (adv)

Baca Juga

Back to top button