Kutai TimurNasional

Wapres KH Ma’ruf Amin Resmikan KBN Pulau Miang

Upnews.id, Sangatta – Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin meresmikan KBN di 68 Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) TNI Angkatan Laut, secara daring pada Senin (15/05/2023).

Peresmian yang dipusatkan di Pulau Untung Jawa, Kabupaten Keulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Dihadiri pula oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Inspektur Jenderal TNI, Bupati Kepulauan Seribu, serta undangan lainnya.

“Pemeliharaan ekosistem maritim dan pesisir Indonesia menjadi kunci bagi upaya mitigasi dampak perubahan iklim,” sebut Wapres dalam sambutannya.

Salah satu Satkowil yang mengikuti peresmian KBN secara daring yakni Pangkalan TNI AL (Lanal) Sangatta. Dimana Lanal Sangatta memiliki Desa Pulau Miang di Kecamatan Sangkulirang yang ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Baca Juga : Danlanal dan Bupati Buka Festival Pesona KBN Pulau Miang

Pada kesempatan itu Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sangatta, Letkol Laut (P) Shodikin.M.Tr Opsla, beserta perwira staf didampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Ketua DPRD Kutim Joni, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Kejari Kutim Romlan Robin, Kepala OPD dilingkup Pemkab Kutim, perwakilan perusahaan dan tamu undangan lainnya.

“Tema KBN TNI AL yakni, Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Yang Sejahtera,” sebut Danlanal Sangatta.

Baca Juga : Sejarah dan Spesifikasi KAL Kudungga yang Akhirnya Dihibahkan ke Lanal Sangatta

Menurut keterangan Danlanal, dalam pembangunan KBN ini di Pulau Miang ada 5 klaster utama yang dibangun yaitu Klaster Pendidikan, Klaster Ekonomi, Klaster Pariwisata, Klaster Kesehatan, dan Klaster Pertahanan.

“Pembangunan kelima klaster ini yg diharapkan dapat memaksimalkan potensi Kampung Bahari Nusantara,” tutupnya. (*/An)

Baca Juga

Back to top button