Diskominfo Kukar

Tradisi Turun-temurun, Festival Gerakan Sahur Semarakkan Ramadhan di Kukar

Upnews.id, Tenggarong- Ratusan warga Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) antusias menyaksikan festival gerakan sahur yang digelar Ramadhan tahun 2023 ini.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melepas festival gerakan sahur yang digelar oleh Masjid Sultan Sulaiman Tenggarong, Minggu (2/4/2023) dini hari.

Terdapat 13 kelompok peserta yang saling unjuk kebolehan dalam memainkan alat musik tradisional dengan irama yang khas.

Festival gerakan sahur ini disebut sudah menjadi tradisi turun-menurun yang diwariskan sejak dulu. Bahkan, tradisi ini juga terus dilestarikan dari generasi ke generasi, hingga saat ini.

“Jadi kami beserta forkopimda, Pak Dandim dan badan pelaksana pengelola Masjid Agung juga Irma melepas lomba gerakan sahur ini,” ujar Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Ia pun memberikan apresiasi kepada Ikatan Remaja Masjid (Irma) Agung Sultan Sulaiman Tenggarong. yang telah menginisiasi digelarnya festival gerakan sahur pada bulan Ramadhan 1344 Hijriah ini.

“Tentunya ini tidak terlepas dari kreativitas, terutama ikatan remaja Masjid Sultan Sulaiman Tenggarong,” katanya.

Ia juga menyebut, bahwa festival gerakan sahur ini adalah kegiatan positif yang merupakan bagian dari keagamaan.

Bahkan, dengan adanya gerakan sahur ini bisa menjadi pengingat atau alaram bagi umat muslim untuk melaksanakan sahur.

“Gerakan sahur mengingatkan warga di lingkungan. Saya apresiasi. Semoga kegiatan ini, kerarifan lokal ini terus terjaga dengan baik di Kabupaten Kutai Kartanegara,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button