Disdikbud Kaltim

Maksimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka, Disdikbud Kaltim Akan Manfaatkan E-KOSP

upnews.id Samarinda – Untuk mendukung upaya implementasi Kurikulum Merdeka di Provinsi Kaltim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berencana untuk mengadakan aplikasi E-KOSP atau Elektronik Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.

“Jadi E-Kosp ini merupakan aplikasi pelaporan yang mengarah ke digitalisasi,” kata Sub Koordinator Kurikulum dan Penilaian SMA Disdikbud Kaltim, Atik Sulistyowati.

Atik mengatakan aplikasi tersebut dapat digunakan untuk kegiatan verifikasi maupun validasi dokumen kurikulum serta dapat menjadi perangkat pembelajaran satuan pendidikan secara online.

“Karena saat ini kan masih ada yang melakukan laporan dengan berbasis tulis, sehingga dengan E-Kosp ini nantinya dapat dipermudah, apalagi yang jauh di daerah-daerah terpencil,” jelasnya.

Ia menyebut inovasi Disdikbud tersebut masih dalam tahap sosialisasi di
beberapa daerah.

“E-Kosp saat ini masih disosialisasikan namun belum diterapkan, jadi kalau sudah direalisasikan nanti kalau laporan tidak perlu pakai kertas lagi,” ungkapnya.

Atik berharap dengan adanya aplikasi E-Kosp ini dapat mendukung peningkatan mutu pelayanan pendidikan menjadi fokus utama Disdikbud Kaltim.

“Kedepannya mudah-mudahan ini dapat terealisasikan dan Kaltim menjadi pelopor. Untuk aplikasinya sudah ada tapi belum kami launching,” pungkasnya. (adv/disdikbudkaltim)

Baca Juga

Back to top button